Wali kota Palu: Penyiapan SDM generasi unggul di mulai dari PAUD

id Hadianto Rasyid, walikotapalu, paud, pendidikan, Pemkotpalu, sulteng

Wali kota Palu:  Penyiapan SDM generasi unggul di mulai dari PAUD

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid. ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) - Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah Hadianto Rasyid mengatakan penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menciptakan generasi unggul harus dimulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

"PAUD merupakan awal mula untuk mencapai SDM generasi yang unggul. Maka sudah sepatutnya pendidikan PAUD menjadi salah satu prioritas pemerintah," ujar Wali Kota Palu Hadianto Rasyid usai Pengukuhan Bunda PAUD Kota Palu, Senin.

Menurut wali kota, meskipun metode belajar pada pendidikan PAUD lebih banyak menerapkan edukasi, hal tersebut sangat efektif memberikan pemahaman kepada anak di usia seperti itu.

Olehnya, guru harus mampu memberikan pemahaman dan mentransfer ilmu pengetahuan kepada anak melalui metode permainan yang mendidik, karena usia anak seperti itu belum mampu digiring dengan metode pembelajaran setingkat di atasnya.

"Bunda PAUD juga memiliki peran strategis dalam menunjang kelangsungan belajar mengajar, karena peran mereka salah satunya bagaimana memajukan jenjang pendidikan tersebut melalui motivasi kepada guru dan murid," ucap Hadianto.

Wali kota menyatakan, Pemkot Palu mendukung sepenuhnya penyelenggaraan kegiatan pendidikan usia sini, sama seperti jenjang pendidikan lainnya yang menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota, apalagi tingkat partisipasi anak untuk masuk PAUD harus berada di angka 70 persen.

Guna mencapai tingkat partisipasi tersebut, maka peran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan harus lebih menonjol selain peran guru dan Bunda PAUD guna mengupayakan target 70 persen bukan hanya tercapai, tetapi terlampaui.

Wali kota menginginkan, Dinas Pendidikan harus memastikan penguatan-penguatan terhadap upaya peningkatan kapasitas tenaga pendidik PAUD berjalan dengan baik.

"Dinas Pendidikan harus membuka diri, jangan sampai ada kesan diskriminasi, dalam artian hanya jenjang pendidikan tertentu di prioritaskan. Semua jenjang pendidikan harus mendapat porsi masing-masing," katanya.

Wali kota menambahkan, Pemkot Palu berkomitmen bahwa jenjang pendidikan PAUD akan dimasukkan dalam sejumlah program pemerintah sama seperti tingkat pendidikan lainnya di bawah naungan Pemkot Palu, misalnya pemberian penghargaan kepada sekolah berprestasi, kemudian peningkatan kapasitas guru secara berkala dan program lainnya sebagai motivasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

"Kualitas pendidikan harus lebih baik, karena representasi kemajuan suatu daerah salah satunya dilihat dari sektor pendidikan untuk mengukur Indeks Pembangunan Manusia (IPM)," demikian Hadianto.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar