Kemenperin Gandeng Google Indonesia Bahas TKDN

id kemenperin

Kemenperin Gandeng Google Indonesia Bahas TKDN

Kemenperin (antaranews)

Jakarta (antarasulteng.com) - Kementerian Perindustrian menggandeng PT Google Indonesia untuk membahas Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) perangkat lunak atau software ponsel.

Dalam hal ini, Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin I Gusti Putu Surjawirawan menyambut Google Indonesia di Kantor Kemenperin.

"Pertemuannya, PT Google Indonesia dalam model bisnisnya ini terkait dengan bagaimana bisa berkontribusi soal TKDN software dan aplikasi, serta mendiskusikannya," kata Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kemenperin Ignasius Warsito di Jakarta, Senin.

Warsito mengatakan, pemerintah ingin agar aturan TKDN, baik hardware maupun software, dapat diterapkan di industri-industri ponsel yang ada di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, pihak Google Indonesia juga menyampaikan harapannya untuk mengembangkan bisnis dibidang periklanan atau advertising.

Warsito berharap, Google terus mengembangkan bisnisnya di Indonesia, sehingga semakin banyak membuka lapangan pekerjaan, yang otomatis akan meningkatkan TKDN nya.

"Kalau web hostingnya bisa masuk juga itu ya bagus. Berarti bisa menambahkan TKDN mereka juga. Kami harapkan teman-teman dari Indonesia bisa berkontribusi di sana," kata Warsito