NasDem harap Gubernur Sulteng prioritaskan pemulihan penyintas gempa

id gubernur sulteng,wagub sulteng,rusdi mastura,ma'mun amir,nasdem sulteng

NasDem  harap Gubernur Sulteng prioritaskan pemulihan penyintas gempa

Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir di sela acara pelantikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (16/6/2021). (Foto HO/Biro Pers Setpres RI)

Palu (ANTARA) - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasional Demokrat (DPW NasDem) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengharapkan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng Periode 2021 - 2024, Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir dapat memprioritaskan pemulihan penyintas gempa, tsunami, dan likuifaksi di Palu, Sigi, Donggala dan sebagian Parigi Moutong.

"Hampir tiga tahun setelah bencana 28 September 2018 berlalu, namun berlalunya bencana itu tidak disertai dengan berlalunya masalah yang dihadapi oleh penyintas di lokasi pengungsian," kata Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Sulteng, Atha Mahmud, di Palu, Rabu.

Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir merupakan politisi Partai NasDem yang menjadi pemenang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng tahun 2020.

Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir dilantik sebagai gubernur dan wakil gubernur Sulteng periode 2021-2024 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara di Jakarta, hari ini.

Atas jabatan itu, Nasdem Sulteng menilai agenda pembangunan yang perlu menjadi prioritas dan diberikan perhatian lebih oleh gubernur dan wakil gubernur tersebut yakni percepatan pemulihan penyintas bencana dan daerah pasca-gempa, likuifaksi dan tsunami 28 September 2018 lalu.

"Kita tentu berharap gubernur dan wakil gubernur yang baru memberikan perhatian lebih serius pada masalah pemulihan pasca-gempa. Hal itu harus menjadi prioritas dalam satu tahun pertama menjabat,” ujar Atha Mahmud.

Atha menilai, penyelesaian masalah setelah gempa adalah agenda besar Sulawesi Tengah yang tidak kunjung tuntas.

Selain itu kata Atha, ia tidak ragu pada komitmen Rusdi Mastura dan Ma’mun untuk memulihkan penyintas gempa.

“Keduanya memiliki integritas dan perhatian besar pada masalah ini. Kita lihat saja nanti, kita berharap hal ini betul-betul menjadi prioritas,” katanya.

Sebelumnya Rusdi Mastura mengatakan pemulihan korban bencana gempa, tsunami dan likuifaksi di Kota Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong (Padagimo) menjadi prioritas utamanya dalam melaksanakan pembangunan daerah lima tahun ke depan.

"Pemulihan penyintas di Padagimo itu tugas pertama saya," kata Rusdi Mastura.

Rusdi mengemukakan penyediaan hunian tetap bagi penyintas gempa, tsunami, dan likuifaksi akan menjadi tugas utamanya bila ia telah selesai dilantik sebagai Gubernur Sulteng lima tahun ke depan.

Ia menyebut ada beberapa cara yang akan ditempuhnya untuk pemenuhan hunian penyintas, di antaranya akan melakukan pinjaman ke Pusat Investasi Pemerintah (PIP).

"Tapi ini masih akan dibahas lebih lanjut, namun ini dilakukan karena saya tidak mau selalu berharap dari pemerintah pusat," kata Rusdi
Ketua DPW Partai NasDem Sulteng Atha Mahmud (screenshot siaran langsung youtube Sekretariat Presiden)





 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar