Pemkot Palu gandeng BNI kembangkan "smart city"

id Smart city Palu,BNI smart city

Pemkot Palu  gandeng BNI kembangkan "smart city"

Penandatanganan Nota Kesepahaman perihal Penggunaan Fasilitas Layanan Jasa Perbankan dan Dukungan Program Smart City antara Pemerintah Kota Palu dengan BNI (ANTARA/HO-BNI)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Palu menggandeng PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) untuk memberikan solusi terintegrasi melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guna mengembangkan smart city.

“Pada tahap awal, kerja sama ini akan diwujudkan melalui digitalisasi penerimaan daerah untuk mewujudkan penerimaan daerah yang efektif, efisien dan transparan” ujar Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Adi Sulistyowati yang akrab dipanggil Susi itu menuturkan percepatan digitalisasi di daerah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dan telah dibentuk Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD).
 

Guna mendukung arahan dari Presiden Joko Widodo tersebut, BNI memberikan solusi berupa enam enamkonsep utama dalam Smart City, yaitu Smart People, Smart Governance, Smart Infrastructure, Smart Environment, Smart Economy dan Smart Society.

Susi menyampaikan bahwa realisasi dukungan BNI dalam percepatan digitalisasi di daerah tersebut salah satunya diwujudkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman perihal Penggunaan Fasilitas Layanan Jasa Perbankan dan Dukungan Program Smart City antara Pemerintah Kota Palu dengan BNI.

Penandatanganan Mou tersebut juga mencakup komitmen turunan yaitu Perjanjian Kerja Sama terkait Penyediaan Layanan Perbankan digital dalam Pembayaran Pajak dan Retribusi Daerah, UMKM serta SIM Rumah Sakit.

Program Smart City BNI, lanjutnya, tidak hanya berfokus pada pengembangan Ekosistem pada Kabupaten/Kota tujuan. Namun, turut mendukung untuk program digitalisasi Kabupaten/Kota dimana perusahaan memberikan beberapa solusi bagi pemerintah Kota dan Kabupaten.
 

Misalnya antara lain Solusi Pembayaran/Belanja Daerah (Internet Banking Corporate atau BNIDirect, SP2D Online, dan Virtual Account Debit), Solusi Penerimaan (e-PBB, e-PDAM, e-PAD, e-Samsat, dan e-Retribusi), BNI Marketplace, serta penyediaan pembayaran digital melalui BNI Mobile Banking, TapCash dan QRIS.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Palu, Bapak Hadianto Rasyid mengungkapkan, bahwa kerja sama tersebut akan semakin menguatkan pengelolaan keuangan daerah agar bisa berjalan secara profesional.

“Komitmen kami, moga-moga ini bisa berjalan dengan baik dan semakin berkembang dalam semua hal. Membawa Kota Palu menjadi kota yang maju dan membanggakan Indonesia. Insya Allah Kota Palu akan menjadi kota percontohan,” ucapnya.