Pandeglang harap KUM-ITT Trisakti dorong penguatan produk lokal

id KUM-ITT Universitas Trisakti,pemkab pandeglang

Pandeglang harap KUM-ITT Trisakti dorong penguatan produk lokal

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban saat menerima rombongan dosen Universitas Trisakti di Pandeglang. (Foto Antara/Rangga Eka Putra)

Pandeglang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Banten, berharap Kuliah Usaha Mandiri Ilmu Teknologi Terapan (KUM -ITT) yang dilaksanakan para mahasiswa Universitas Trisaksi bisa mendorong penguatan produk lokal dan memberikan nilai tambah bagi daerah dan masyarakat setempat.

"Kita harapkan KUM-ITT yang dilaksanakan oleh para mahasiswa Universitas Trisakti Jakarta di Pandeglang akan membawa dampak positif bagi daerah. Pasalnya KUM-ITT yang dilakukan akan mendorong perkembangan SDM, penguatan produk lokal untuk memberikan nilai tambah ekonomi," kata Wakil Bupati Pandeglan Tanto Warsono Arban, saat menerima rombongan dosen Universitas Trisakti di Pandeglang, Rabu.

Program yang sudah dibuat oleh para mahasiswa Trisakti pada kegiatan KUM-ITT harus berkelanjutan dan nantinya bisa diteruskan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait sehingga bisa berjalan.

"Program berkelanjutan itu sangat penting, karena sejauh ini banyak yang digulirkan terkadang berjalan hanya seketika saja. Transfer ilmu yang diberikan kepada masyarakat kami bisa bermanfaat bagi daerah itu sendiri, jika berkelanjutan tentu akan mendorong kemandirian," ucapnya.

Kepala Pusat KUM-ITT Universitas Trisakti Ir Wawan Kurniawan MT mengatakan pertemuan dengan Wakil Bupati Pandeglang ditujukan untuk menyelaraskan pemkab dengan program Universitas Trisaksi.

"Mahasiswa kami yang sedang melaksanakan KUM-ITT di Kecamatan Pulosari dan Jiput melihat potensi daerah yang dapat dikembangkan sehingga bisa ada terobosan yang dikembangkan, misalkan produk UMKM atau desa wisata," ujarnya.

Menurut Wawan, penelitian apapun yang dilakukan tidak ada asas manfaatnya jika tidak diterapkan kepada masyarakat, di antaranya peningkatan kualitas SDM, menejemen SDM, UMKM, ekonomi wilayah, lingkungan dan permukiman, serta kesehatan.

"Tawaran kami untuk Pemkab Pandeglang itu menyelaraskan program, kami siap bersinergi dengan Pemkab Pandeglang," katanya.
Pewarta :
Editor :
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar