DP3A Sulteng: Kebijakan pembangunan daerah harus responsif gender

id dp3a sulteng,dp3a,ihsan basir,rusdi mastura,gubernur sulteng,pemprov sulteng

DP3A Sulteng:  Kebijakan pembangunan daerah harus responsif gender

Kepala DP3A Provinsi Sulteng Ihsan Basir. ANTARA/HO-Dok DP3A Sulteng

Palu (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menyatakan kebijakan pembangunan daerah yang diselenggarakan oleh Gubernur Rusdi Mastura harus berbasis atau responsif gender.

"Iya, salah satunya dengan kebijakan anggaran pembangunan yang responsif gender juga merupakan isu strategis yang diharapkan menjadi perhatian Bapak Gubernur, karena target ini bukan saja target daerah, tetapi juga menjadi target nasional," ucap Kepala DP3A Provinsi Sulteng Ihsan Basir, di Palu, Sabtu.

Kebijakan yang responsif gender, kata Ihsan, salah satunya untuk mengoptimalkan pemberdayaan terhadap kelompok rentan seperti perempuan, yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi perempuan di daerah tersebut.

Pemberdayaan untuk peningkatan ekonomi perempuan, sebut dia, menjadi hal penting, yang salah satu tujuannya untuk mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan.

"Olehnya, DP3A Sulteng berharap kepada Gubernur Sulteng Rusdi Mastura agar memprioritaskan program pencegahan kekerasan terhadap perempuan, berbasis pemenuhan hak," ujarnya.

"Sulawesi Tengah masih cukup tinggi untuk kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Bahkan untuk anak, Indeks Perlindungan Anak Sulteng berada di bawah rata-rata nasional yakni 57,91 persen," kata Ihsan.

Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng, menurut dia, perlu memberikan kebijakan yang bermuara pada peningkatan kapasitas ekonomi perempuan di Provinsi Sulawesi Tengah. Hal itu karena, selama ini, berdasarkan data yang ada kemampuan finansial antara perempuan dan laki-laki (dilihat dari pengeluaran perkapita), masih jomplang.

Selain itu, perlu adanya kebijakan yang berorientasi pada peningkatan kapasitas perempuan dan memberikan akses politik terhadap perempuan.

Harapan DP3A Sulteng yang disampaikan oleh Kadis Ihsan Basir berkaitan dengan momentum Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir dilantik oleh Presiden sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng periode 2021 - 2024.

"Selamat kepada Bapak Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir yang telah dilantik sebagai Gubernur dan Wagub Sulteng, Insya Allah Bapak Gubernur dapat memberikan perhatian melalui kebijakan strategis terkait dengan pencegahan kekerasan berbasis gender," harap Ihsan.