Dubes Arab Saudi: Raja Hajikan Keluarga Korban Insiden Crane

id haji, raja

Dubes Arab Saudi: Raja Hajikan Keluarga Korban Insiden Crane

Dubes Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Mustafa bin Ibrahim Al Mubarak. (foto : Kedubes Saudi Jakarta)

Selain memberikan santunan, Yang Mulia Raja juga menginstruksikan untuk mengundang anggota keluarga dari masing-masing korban meninggal dari jamaah haji luar negeri menjadi tamu undangan Khodim Al Haromain Al Syarifain pada musim haji tahun 1437 Hijr
Jakarta (antarasulteng.com) - Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Mustofa Ibrahim Al Mubarak mengatakan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz bin Saud mengundang keluarga korban meninggal akibat insiden jatuhnya alat derek (crane) untuk berhaji tahun 2016.

"Selain memberikan santunan, Yang Mulia Raja juga menginstruksikan untuk mengundang anggota keluarga dari masing-masing korban meninggal dari jamaah haji luar negeri menjadi tamu undangan Khodim Al Haromain Al Syarifain pada musim haji tahun 1437 Hijriyah (tahun depan)," kata Mustofa di Jakarta, Jumat.

Untuk para korban cedera yang belum menyelesaikan ibadah haji karena faktor pemulihan kesehatan, kata dia, mereka dapat melaksanakannya pada tahun depan dengan menjadi tamu undangan serupa.

Secara umum, kata dia, pemerintah Saudi memberikan perhatian dan santunan tanpa membeda-bedakan asal usul negaranya. 

Terkait tindak lanjut terhadap korban insiden, Mustofa mengatakan pihaknya melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak untuk mempermudah proses identifikasi korban.

Bagi keluarga korban meninggal, kata Mustofa, pemerintah Saudi memberikan kebebasan kepada keluarga dalam hal mengurus jenazah. Jenazah dapat dibawa pulang ke Tanah Air atau dimakamkan di Tanah Suci.

"Kami juga memberikan kemudahan visa kunjungan kepada keluarga korban yang hendak menengoknya di sejumlah rumah sakit di Saudi," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Mustofa mewakili Arab Saudi menyampaikan belasungkawa kepada pihak yang menjadi korban dalam peristiwa jatuhnya derek.