Gubernur ajak semua pihak bangun Sulteng yang lebih baik

id rusdi mastura,gubernur sulteng ,pemprov sulteng,nasdem,wagub sulteng,ma'mun amir

Gubernur  ajak semua pihak bangun Sulteng yang lebih baik

Gubernur Sulteng Rusdi Mastura (kiri) dan Wagub Sulteng Ma'mun Amir (Kanan) (ANTARA/HO-Dok NasDem Sulteng)

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdi Mastura mengajak semua pihak agar bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk membangun Sulteng yang lebih baik ke depan.

"Kami menyadari sebaik apapun dan semegah apapun visi-misi yang telah dirumuskan ini, tidak akan berhasil diterapkan tanpa adanya komitmen, pengorbanan dan perjuangan dari semua pihak untuk bekerja sama mewujudkannya," ucap Gubernur Sulteng Rusdi Mastura pada acara serah terima jabatan gubernur melalui rapat paripurna DPRD Sulawesi Tengah di Palu, Senin.

Rusdi Mastura dilantik sebagai Gubernur Sulawesi Tengah periode 2021-2024 oleh Presiden Jokowi di Istana Negara pada Rabu (16/6).  Selanjutnya DPRD Provinsi Sulteng melaksanakan rapat paripurna tentang serah terima jabatan Gubernur Sulawesi Tengah dari Longki Djanggola kepada Rusdi Mastura.

"Saya berharap semoga kegiatan hari ini menjadi titik awal dan sekaligus momentum penting untuk memperkokoh persatuan dan mensinergikan kerja-kerja percepatan yang dilakukan demi hadirnya keadilan sosial, kesejahteraan dan kemakmuran di tengah masyarakat kita," kata Rusdi Mastura.

Gubernur menyebut semua pihak utamanya organisasi perangkat daerah (OPD) dan pemerintah daerah di Sulteng harus membangun persatuan dan mensinergikan seluruh program dan kegiatan dalam agenda kerja untuk percepatan pemenuhan keadilan sosial, yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

"Terutama menyangkut dengan upaya penyelesaian dampak dari pandemi COVID-19, dan percepatan penanganan bencana tahun 2018, serta menurunkan angka kemiskinan, sehingga daerah kita akan jauh lebih baik dari hari kemarin," kata Rusdi.

Gubernur mengemukakan bahwa dirinya bersama Wakil Gubernur Sulteng Ma'mun Amir telah menetapkan visi "Gerak cepat menuju Sulawesi Tengah lebih sejahtera dan lebih maju" yang kemudian dituangkan dalam sembilan misi.

Sembilan misi itu antara lain meningkatkan kualitas manusia melalui reformasi sistem pendidikan dan kesehatan dasar, mewujudkan reformasi birokrasi, supremasi hukum dan penegakkan nilai-nilai kemanusiaan dan hak asasi manusia, peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan penguatan kelembagaan, mewujudkan peningkatan pembangunan infrastruktur daerah.

Kemudian, menjalankan pembangunan masyarakat dan wilayah yang merata dan berkeadilan, menjaga harmonisasi manusia dan alam, antarsesama manusia sebagai wujud pembangunan berkelanjutan, melakukan sinergitas kerja sama pembangunan antardaerah bertetangga se-kawasan maupun dalam Provinsi Sulteng dan di luar provinsi bertetangga.

Selain itu, meningkatkan pelayanan publik bidang pendidikan dan kesehatan berbasis teknologi informasi yang terintegrasi dan dijalankan secara sistematis dan digital, mendorong pembentukan daerah otonom baru (DOB) agar terjadi percepatan desentralisasi pelayanan dan peningkatan lapangan kerja dan peningkatan produktivitas sektor unggulan daerah.