Gubernur Sulteng imbau masyarakat disiplin terapkan prokes cegah COVID

id gubernur sulteng,rusdi mastura,covid-19,pandemi covid,prokes

Gubernur Sulteng  imbau masyarakat disiplin terapkan prokes cegah COVID

Gubernur Sulteng Rusdi Mastura didampingi Wali Kota Palu Hadianto Rasyid meninjau pelaksanaan vaksinasi cegah COVID-19 di Kelurahan Tondo, Rabu (23/6/2021). (ANTARA/HO-Biro Administrasi Setda Prov. Sulteng)

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura mengimbau masyarakat di daerah itu agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk pencegahan penularan COVID-19 demi kesehatan dan keselamatan bersama.

"Kita harus disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 dalam kehidupan sehari-sehari," kata Gubernur Sulteng Rusdi Mastura di Palu saat meninjau pelaksanaan vaksinasi pencegahan COVID-19 di Kelurahan Tondo. Kota Palu, Rabu.

Gubernur berharap gerakan 5M meliputi memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi, dapat diterapkan secara optimalkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu, kata Gubernur, sebagai salah satu langkah pencegahan penularan bahaya COVID-19, yang harus dimulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga.

Gubernur menyatakan bahwa saat ini pelaksanaan vaksinasi terus dilakukan oleh pemerintah di semua tingkatan kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah, dengan harapan masyarakat dapat mengikuti vaksinasi tersebut, agar virus corona dapat dikendalikan dan ditekan penyebarannya.

Oleh karena itu, kata Rusdi, vaksinasi merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menangani masalah COVID-19 dengan tujuan untuk menciptakan kekebalan tubuh.

“kita lihat saja di Eropa habis divaksin, Alhamdulillah sudah menurun kasusnya,” ucapnya.

Upaya menekan penyebaran COVID-19 dan penanganan dampak pandemi COVID-19, kata gubernur, menjadi satu prioritas yang dilaksanakannya dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di wilayah Sulteng.

Ia mengatakan bahwa saat dirinya selesai dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Gubernur Sulteng pada Rabu (16/6) di Istana Negara, Presiden menitipkan pesan agar penanganan pandemi dan dampak pandemi harus diprioritaskan.

"Waktu pelantikan saya diberikan pesan oleh Presiden agar mempercepat penanganan dan penyelesaian COVID-19, oleh karena itu penganan COVID-19 harus ditangani secara serius," sebutnya.
Gubernur Sulteng Rusdi Mastura rapat bersama Pemkot Palu, Rabu (23/6/2021). (ANTARA/HO-Biro Administrasi Setda Prov. Sulteng)