528 kali gempa guncang Sulteng selama Januari-Juni

id gempa bumi,bmkg,tsunami,sulteng

528 kali gempa  guncang Sulteng selama Januari-Juni

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Geofisika Palu, Hendrik Leopatty saat menunjukan peta sebaran gempa di Sulawesi Tengah. ANTARA/Rangga Musabar

Kota Palu (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Geofisika Palu mencatat ada 528 kali gempa yang terjadi di wilayah Sulawesi Tengah selama periode Januari hingga Juni 2021.

"Kekuatan gempa tersebut bervariasi antara magnitudo dua hingga enam yang disebabkan oleh sejumlah sesar yang ada di Sulteng," ujar Kepala seksi data dan informasi BMKG Geofisika Palu, Hendrik Leopatty di Palu, Kamis.

Ia menyebutkan beberapa sesar yang mendominasi kekuatan gempa tersebut, antara lain sesar Matano, dan sesar Lawua Kabupaten Sigi, dan sesar Toli-Toli.

Dari ratusan gempa tersebut, kata dia, sebanyak 43 kali gempa yang signifikan atau dirasakan warga Sulawesi Tengah, namun tidak ada gempa yang berpotensi terjadinya tsunami.

Data yang tercatat di BMKG Geofisika Palu menyebutkan pada Januari terjadi 125 kali gempa, Februari 77 kali gempa, Maret 82 kali gempa, April 57 kali gempa, Mei 138 kali gempa dan Juni 49 kali gempa.

Hendrik juga mengimbau seluruh masyarakat agar tidak mempercayai informasi tentang kegempaan ataupun tsunami yang kebenarannya belum dapat dipertanggungjawabkan.

"Hingga saat ini, belum ada alat yang bisa memprediksi kapan terjadinya suatu gempa bumi," ujarnya.