Bupati Sigi minta warganya tingkatkan kewaspadaan dini

id pemkab sigi,BUPATI SIGI,Mohamad Irwan,kewaspadaan dini,terorisme

Bupati Sigi minta warganya tingkatkan kewaspadaan dini

Bupati Sigi Mohamad Irwan memimpin rapat pembahasan tentang kewaspadaan dini yang diikuti oleh Forkompimda Sigi di Sigi, Rabu (30/6/2021) ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi

Masalah-masalah radikalisme dan terorisme, narkoba dan minuman keras, masalah pandemi COVID-19, masalah lingkungan, keamanan dan ketertiban, ini harus menjadi fokus dan perhatian semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan dini
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi, Sulawesi Tengah, Mohamad Irwan meminta kepada semua pihak di daerahnya agar meningkatkan kewaspadaan dini, atas segala hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban daerah.

"Masalah-masalah radikalisme dan terorisme, narkoba dan minuman keras, masalah pandemi COVID-19, masalah lingkungan, keamanan dan ketertiban, ini harus menjadi fokus dan perhatian semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan dini," ucap Bupati Mohamad Irwan di Sigi, Kamis.

Baca juga: Jalan yang terjal basmi teror kelompok Ali Kalora

Bupati mengatakan salah satu masalah yang perlu diwaspadai oleh semua pihak termasuk Forkompimda Sigi ialah perkembangannya tumbuh dan berkembangnya gerakan intoleransi, radikalisme dan terorisme.

Bupati mengatakan masalah terorisme, negara lewat Pemerintah Pusat telah memberikan kewenangan kepada TNI dan Polri untuk memberantas hal itu dalam penindakan.

Namun, pada dataran pencegahan semua pihak perlu terlibat melakukan langkah-langkah dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dini, yang diikutkan dengan program-program pencegahan.

Baca juga: Kapolda sulteng minta ancaman teroris tetap diwaspadai

Bupati mengakui bahwa aksi teror yang terjadi beberapa waktu lalu di Desa Lembantongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, sangat memberikan dampak negatif kepada masyarakat.

Bahkan, hal itu memberikan dampak terhadap kualitas kerukunan, sosial budaya dan ekonomi. Di mana sebagian warga di dataran Palolo, takut untuk pergi mengolah pertanian mereka.

"Terorisme ini menimbulkan keresahan bagi masyarakat yang ada di sekitar lokasi kejadian, serta juga masyarakat di luar tempat kejadian termasuk kita yang mendengar," sebut Bupati.



Karena itu, Bupati meminta kepada semua pihak untuk bersatu padu, bersama-sama mencegah tumbuh dan berkembangnya gerakan intoleransi, radikalisme dan terorisme.

"Sebagai pemerintah bertugas memberikan informasi dan penguatan kepada masyarakat agar selalu waspada," sebut Bupati Mohamad Irwan.

Pemkab Sigi menggelar rapat membahas tentang peningkatan kewaspadaan dini yang dihadiri oleh Bupati Sigi dan diikuti oleh forum komunikasi pimpinan daerah
tersebut.

 
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar