Patrik Schick fokus bantu Ceko melaju ketimbang peluang top skor

id euro 2020,timnas ceko,patrik schick,timnas denmark,top skor euro,piala eropa 2020,perempat final euro

Patrik Schick fokus bantu Ceko melaju ketimbang peluang top skor

Penyerang tim nasional Republik Ceko Patrik Schick merayakan golnya ke gawang Belanda dalam laga 16 besar Euro 2020 di Stadion Puskas Arena, Budhapest, Hongaria, Minggu (27/6/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Darko Bandic)

Jakarta (ANTARA) - Patrik Schick mengaku fokus di Euro 2020 adalah membantu Republik Ceko melangkah sejauh mungkin ketimbang peluang menjadi top skor turnamen tersebut.

Schick sejauh ini sudah berhasil membantu Ceko lolos ke babak perempat final lewat torehan empat gol yang sudah dibukukannya.

Torehan empat gol itu berjarak hanya satu gol lagi dari pemimpin daftar top skor sementara Cristiano Ronaldo. Di waktu bersamaan Schick juga berkesempatan menyamai rekor Milan Baros sebagai pencetak gol terbanyak Ceko di Euro dengan lima gol yang sekaligus menjadi top skor edisi 2004.

Kendati demikian penyerang Bayer Leverkusen itu menegaskan peluang-peluang itu bukanlah prioritasnya, tetapi membantu Ceko meraih hasil sebaik mungkin termasuk saat menghadapi Denmark dalam laga perempat final di Baku, Sabtu (3/7) besok.

"Itu bukan hal penting bagi saya, yang terpenting adalah kesuksesan tim," kata Schick dikutip dari laman resmi UEFA, Jumat dini hari WIB.

"Target saya bukanlah meraih Sepatu Emas, tetapi membantu tim melangkah sejauh mungkin.

"Saya tidak peduli berapa banyak gol yang saya cetak ketika itu semua tercapai," ujarnya menambahkan.

Schick memborong dua gol saat Ceko menang 2-0 atas Skotlandia serta menyumbangkan satu gol lagi kala diimbangi Kroasia 1-1 di laga-laga Grup D.
 
Penyerang tim nasional Republik Ceko Patrik Schick melakukan selebrasi seusai mencetak gol dari dekat garis tengah lapangan ke gawang Skotlandia dalam pertandingan Grup D Euro 2020 di Stadion Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Senin (14/6/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Robert Perry)


Schick lantas melengkapi kemenangan 2-0 yang dibukukan Ceko atas Belanda dalam 16 besar dan kontribusi penyerang berusia 25 tahun itu jelas diharapkan kembali muncul saat tim besutan Jaroslav Silhavy menghadapi Denmark.

Bila mampu melewati Denmark, Ceko akan menghadapi Inggris atau Ukraina di babak semifinal.