DPD RI minta perusahaan di Morowali Utara berdayakan pekerja lokal

id Sulteng,Sandi,Palu,Kpk,Korupsi

DPD RI  minta perusahaan di Morowali Utara berdayakan pekerja lokal

Ketua PURT DPD RI Ahmad Nawardi (kanan) didampingi Bupati Morut dr. Delis Julkarson Hehi (tengah) meninjau pekerja di PT GNI, Jumat (2/7). ANTARA/HO- Media Center Pemkab Morut)

Palu (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPD) Republik Indonesia minta agar Pemerintah Kabupaten Morowali Utara (Morut) bisa memberdayakan pekerja lokal saat kunjungan kerja di daerah itu.

Di sela-sela peninjauan di PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) yang didampingi Bupati Morut dr. Delis Julkarson Hehi, Ketua Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT) DPD RI Ahmad Nawardi meminta seluruh perusahaan yang beroperasi di Morut agar mengutamakan pekerja lokal.
 

"Pekerja lokal dari Sulteng utamanya warga asli Morut harus diberdayakan bukan hanya untuk dipekerjakan pada sektor yang tidak membutuhkan keahlian (skill) atau buruh kasar,"katanya.

Jika belum memiliki skill yang dibutuhkan oleh perusahaan, maka pihak perusahaan harus memberikan pelatihan kepada mereka sebelum siap dipekerjakan.
 

"Namun harus ada upaya untuk meningkatkan skill pekerja lokal melalui transfer knowledge sehingga ke depan pekerja lokal bisa mendapatkan posisi yang lebih baik di perusahaan,"ujarnya.

Sementara itu Bupati Morut dr. Delis dalam kesempatan tersebut menyatakan selain memberikan pelatihan skill kepada warga yang akan dipekerjakan, pihak perusahaan juga harus memiliki perencanaan yang matang terkait penangan limbah industri.
 

Agar tidak merusak lingkungan terlebih merugikan masyarakat yang berada di sekitar lokasi perusahaan termasuk warga di Kabupaten Morut.

"Mulai hari ini pihak perusahaan sudah harus memiliki perencanaan yang matang tentang penanganan limbah industri agar kedepannya penambangan atau perindustrian yang hari ini menjadi ikon di Morut dapat dikenal sebagai industri yang ramah lingkungan,"ucapnya.