IAIN Palu dorong mahasiswa tingkatkan kegiatan akademik

id warek bidang akademik,prof abidin djafar,iain palu,mahasiswa iain palu,mahasiswa iain

IAIN Palu  dorong mahasiswa tingkatkan kegiatan akademik

Wakil Rektor Bidang Akademik IAIN Palu Prof Dr Abidin Djafar pada kegiatan seminar tentang wacana pernikahan dini yang diselenggarakan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Syariah, di Palu, Selasa (6/7/2021). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, mendorong mahasiswa di unit kegiatan mahasiswa, dewan eksekutif mahasiswa (Dema) di tingkat fakultas dan institut meningkatkan kegiatan akademik dalam rangka menguatkan sumber daya manusia dan keterampilan mereka.

"IAIN Palu siap membantu kegiatan-kegiatan akademik mahasiswa seperti seminar, workshop, FGD, pelatihan, kajian-kajian dan sebagainya, yang berdampak pada peningkatan kualitas SDM dan keterampilan mahasiswa," ucap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu Prof Abidin Djafar di Palu, Selasa.

Ia mengemukakan salah satu contoh kegiatan akademik yang dapat dilaksanakan oleh mahasiswa, adalah seminar, seperti yang dilaksanakan oleh Dema Fakultas Syariah.

"Kegiatan ini sangat menarik dalam memperkaya khasanah berpikir mahasiswa, sekaligus meningkatkan wawasan mahasiswa," ujar dia.

Dema Fakultas Syariah melaksanakan seminar hukum tentang wacana pernikahan dini yang menghadirkan beberapa narasumber, di antaranya Rektor IAIN Palu, pihak Pengadilan Agama Palu, Dekan Fakultas Syariah IAIN Palu.

"Kami berharap kegiatan-kegiatan seperti ini terus dilakukan secara berkesinambungan," katanya.

Ia menerangkan IAIN Palu berkomitmen mengembangkan kapasitas SDM mahasiswa dan keterampilan, secara berkelanjutan. Hal itu dibuktikan dengan diberikannya alokasi anggaran untuk kegiatan setiap UKM, Sema, dan Dema.

Ia berharap, kegiatan akademik yang dilaksanakan sejalan dengan visi IAIN Palu, yakni mengembangkan kajian Islam moderat, yang berbasis pada integrasi ilmu, spiritual dan kearifan lokal.

"Semua program dan kegiatan harus sejalan dengan visi tersebut, dalam rangka mencetak intelektual muslim yang moderat, yang bermanfaat di masyarakat, serta terbentuknya potensi insani yang unggul dengan kearifan lokal," kata Prof Abidin.

Selain itu, ia berharap mahasiswa melakukan kegiatan yang berorientasi pada peningkatan intelektual dan keterampilan seperti mengasah kemampuan menulis karya ilmiah.

UKM, senat mahasiswa, dan dewan mahasiswa, kata dia, dapat membuat kegiatan yang mendorong dan kemampuan mahasiswa untuk menulis artikel dan karya ilmiah.

"Misalnya membuat kegiatan tentang teknik menulis karya ilmiah atau menulis di jurnal. Selain itu, bisa juga membuat lomba karya tulis ilmiah. Ini perlu diprogramkan oleh masing-masing UKM, senat mahasiswa, dan dewan mahasiswa tingkat fakultas dan institut," katanya.

Setiap UKM, senat dan dewan mahasiswa, kata dia, juga perlu mendorong kadernya untuk melakukan riset-riset ilmiah, dalam rangka pengembangan intelektual, yang berkolaborasi dengan dosen.




 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar