Kemenkeu Hibahkan Rp273,4 Miliar Untuk Bencana Sulut

id kemenkeu

Kemenkeu Hibahkan Rp273,4 Miliar Untuk Bencana Sulut

Ilustrasi (ANTARA)

Manado,  (antarasulteng.com) - Kementerian Keuangan menghibahkan dana Rp273,4 miliar untuk rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana di seluruh Sulawesi Utara.

Hibah untuk rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana ini telah ditandatangani Penjabat Gubernur Sulut Soni Sumarsono di Jakarta belum lama ini, kata Kepala Bagian Humas Roy Saroinsong di Manado, Jumat.

Penandatanganan perjanjian hibah daerah yang akan dikucurkan ke tujuh kabupaten dan kota, kata dia, ikut disaksikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulut Noldy Liow.

Tujuh daerah tersebut, jelas dia, yaitu Kabupaten Minahasa, Kota Tomohon, Kota Manado, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Minahasa Selatan.

BPBD Provinsi Sulut dialokasikan sebesar Rp1,47 miliar, BPBD Kabupaten Minahasa Rp14,42 miliar,  BPBD Kota Tomohon Rp 9 miliar, BPBD Kota Manado Rp213,30 miliar, serta BPBD Kabupaten Bolaang Mongondow Rp12,4 miliar.

Selanjutnya,  BPBD Kabupaten Kepulauan Sitaro Rp7,88 miliar, BPBD Kabupaten Kepulauan Sangihe Rp7,12 miliar dan BPBD Kabupaten Minahasa Selatan sebesar Rp7,85 miliar.

"Alokasi hibah pascabencana untuk BPBD Provinsi Sulut digunakan untuk monitoring dan evaluasi," katanya.

 Sementara dana hibah yang dialokasikan kepada kabupaten/kota dimanfaatkan untuk membangun kembali rumah dan infrastruktur yang rusak akibat bencana tahun 2014, jelasnya.