Pemkab Donggala bangun ketahanan pangan warga dari perikanan

id pemkab donggala,donggala,bupati donggala,ali assagaf,dinas kelautan dan perikanan

Pemkab Donggala bangun ketahanan pangan warga dari perikanan

Bupati Donggala Kasman Lassa bersama Kepala Dinas Kelautan Perikanan Donggala Ali Assagaf. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Donggala, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, terus berupaya membangun ketahanan pangan warga di daerah tersebut berbasis komoditas utamanya dari sektor perikanan dan kelautan.

"Dinas Perikanan memandang serius dan terus berupaya mewujudkan ketahanan pangan berbasis komoditas/produk perikanan. Beberapa program terus diinisiasi oleh Dinas Perikanan untuk mendukung terwujudnya ketahanan pangan," ucap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Donggala Ali Assagaf, di Donggala, Jumat.

Baca juga: Sulteng siapkan Donggala jadi daerah penyangga logistik ibu kota baru

Kata Ali Assagaf, OPD yang dipimpinnya mendorong dan menggenjot beberapa program penting untuk menopang program pemerintah dalam pembangunan ketahanan pangan.

Program-program tersebut terkait dengan peningkatan produksi perikanan, khususnya produksi perikanan budidaya, produksi penangkapan ikan dengan memperhatikan kelestarian sumber daya, pengolahan dan pemasaran, pengembangan teknologi perikanan, pengembangan sumber daya manusia perikanan, dan lain sebagainya.

"Peran ikan saat ini yang masih menjadi sumber protein utama masyarakat dan neraca perdagangannya yang positif, maka ke depan ikan akan mampu memainkan peran yang signifikan dalam mendukung tidak saja ketahanan pangan tapi juga kemandirian dan kedaulatan pangan, khususnya ketahanan protein (protein security)," kata Ali Assagaf.

Baca juga: Petani Donggala keluhkan harga beras anjlok

Berdasarkan data Dinas Perikanan Kelautan Donggala, konsumsi ikan masyarakat di Kabupaten Donggala pada tahun 2020 dengan target konsumsi sebesar 42,28 kilo gram/kapita/tahun, terealisasi 44,7 kilo gram/kapita/tahun.

Selanjutnya target konsumsi ikan tahun 2021 sebesar 44,52 kilo gram/kapita/tahun masih lebih rendah dibandingkan dengan tingkat konsumsi ikan Provinsi 2021 sebesar 62,9 kilo gram/kapita/tahun. Sementara target produksi perikanan tahun 2021 1,4 juta ton lebih,

"Tingkat konsumi ikan ini perlu dilakukan upaya mendorong peningkatan konsumsi ikan masyarakat khususnya di Kabupaten Donggala," ujar Ali Assagaf.

Ia menambahkan pembangunan ketahanan pangan masyarakat dari sektor perikanan merupakan implementasi dari visi dan misi Pemerintah Kabupaten Donggala yakni terwujudnya masyarakat Kabupaten Donggala yang maju, sejahtera, mandiri berdaya saing, berkarakter berpijak pada kearifan lokal.
Bupati Donggala Kasman Lassa melepas 10.000 bibit ikan nila di kolam lokasi budidaya ikan nila yang menggunakan metode bioflok, di Desa Lero Tatari, Kecamatan Sindue. (ANTARA/Muhammad Hajiji)


 
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar