Gubernur Sumsel: Pasien COVID-19 varian Delta sudah sembuh

id gubernur sumsel,covid-19 varian delta,pasien covid-19 varian delta sembuh,penanganan varian delta,covid-19 sumsel,info s

Gubernur Sumsel: Pasien COVID-19 varian Delta sudah sembuh

Gubernur Sumsel Herman Deru (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menegaskan pasien yang terpapar COVID-19 varian Delta di daerah ini terkonfirmasi sudah sembuh sejak Januari 2021 sehingga diharapkan data Kementerian Kesehatan segera diperbaiki.

"Saya ikuti terus perkembangannya. Pasien tersebut sudah sembuh Januari lalu, mengapa masih saja disebut-sebut dalam setiap rapat," kata Herman Deru di Palembang, Sabtu.

Dia menjelaskan, Kementerian Kesehatan hingga saat ini masih menyebutkan terdapat pasien yang terjangkit COVID-19 varian Delta di Sumatera Selatan dalam setiap rapat koordinasi dan evaluasi pencegahan dan pengendalian COVID-19 nasional.

Termasuk dalam rapat evaluasi secara virtual yang dipimpin Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, Sabtu.

Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Lesty Nurainy membenarkan ada satu orang dari Sumsel telah terpapar virus COVID-19 varian Delta atau B.1.617.2 dan telah dinyatakan sembuh pada Januari lalu.

Meski pasien tersebut telah dinyatakan sembuh sangat dimungkinkan virus ini menular kepada orang lain karena sulit untuk mendeteksi dan membedakan seseorang terjangkit COVID-19.

"Bisa jadi dari orang lain yang terpapar di tempat lain tidak bisa tergeneralisir karena satu pasien tersebut juga sudah dinyatakan sembuh," kata dia.

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan di luar rumah, tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat.