Kota Gorontalo Pilot Project Kamtibmas Polda Gorontalo

id gorontalo

Kita harus bangga bahwa kota ini menjadi daerah pertama di Provinsi Gorontalo bahkan di Indonesia, untuk program kamtibmas tersebut
Gorontalo,  (antarasulteng.com) - Kepolisian Daerah Gorontalo memilih Kota Gorontalo sebagai salah satu wilayah yang menjadi percontohan atau pilot project dalam peningkatan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Wali Kota Gorontalo Marten Taha, Sabtu, mengatakan, Polda Gorontalo telah memilih daerah ini sebagai salah satu percontohan kamtibmas, guna dicontoh oleh wilayah hukum lainnya di provinsi ini.

"Kita harus bangga bahwa kota ini menjadi daerah pertama di Provinsi Gorontalo bahkan di Indonesia, untuk program kamtibmas tersebut," Kata Marten.

Dia menjelaskan, program kamtibmas yang terbaru tersebut yakni kelurahan dan kecamatan binaan, yang didalamnya ada integrasi masalah ekonomi, politik, sosial kemasyarakatan, budaya, dan masalah serta penanganan hukum.

Pada program yang akan menjadikan Kota Gorontalo sebagai percontohan tersebut, akan dibentuk forum kemitraan, masyarakat dan kepolisian dalam mengatasi segala permasalahan dan persoalan yang menyangkut kamtibmas di daerah.

"Masyarakat akan sama-sama dengan kepolisian mengatasi gangguan dan permasalahan seperti penyakit masyarakat yang sering terjadi, judi, minuman keras bahkan prostitusi," Kata Marten.

Menurut dia, dengan adanya forum kemitraan tersebut maka di kelurahan maupun kecamatan tesebut, bisa meminimalisir dan memberantas peredaran dan penggunaan narkoba, minuman keras, judi, serta masalah hukum lainnya.

Marten mengatakan, saat ini Pemerintah Kota Gorontalo sedang menyiapkan kelurahan maupun kecamatan yang akan menjadi percontohan tersebut, yang tentunya harus mendapat dukungan sepenuhnya dari masyarakat.

"Peran aktif masyarakat sangat diperlukan dalam mendukung program ini, apalagi untuk mengatasi gangguan kamtibmas," kata Marten.