Gubernur Sulteng: Perayaan Idul Adha tetap dengan prokes ketat

id gubernur sulteng,rusdy mastura,pemprov sulteng,covid-19,ma'mun amir

Gubernur Sulteng:  Perayaan Idul Adha tetap dengan prokes ketat

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura mengajak masyarakat yang merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah agar tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan dan penyebaran COVID-19.

"Saya mengimbau kepada kita semua, saudara-saudaraku, untuk mengikuti protokol kesehatan pencegahan COVID-19," imbuh Gubernur Sulteng Rusdy Mstura, di Palu, Selasa.

Momentum Idul Adha tahun 2021, kata gubernur, menjadi semangat dalam berkurban, ikhlas dalam beribadah, dengan tetap menerapkan prokes cegah COVID-19 secara ketat.

"Semoga Tuhan melindungi diri kita semua dan keluarga kita dari bahaya COVID-19," ujar Rusdy Mastura.

Rusdy Mastura mengemukakan pencegahan COVID-19 dan menyelesaikan dampak dari COVID-19 menjadi prioritas dalam penyelenggaraan pembangunan daerah, yang diselenggarakannya bersama Wakil Gubernur Sulteng Ma'mun Amir.

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura bersama wakilnya Ma'mun Amir saat ini sedang menjalani isolasi mandiri karena dinyatakan positif COVID-19  berdasarkan hasil tes usap Polymerase Chain Reaction (PCR).

Meskipun dinyatakan positif COVID-19, Gubernur Rusdy Mastura terus berusaha keras melawan dan melindungi masyarakatnya dari penularan COVID-19 di daerah itu, dengan melakukan beberapa langkah kongkret.

Dalam rangka mempercepat dan mitigasi COVID-19, Rusdy Mastura didampingi Staf Khusus Gubernur M Ridha Saleh akhir pekan lalu mendengarkan langsung laporan Direktur RS Anutapura drg Herry Mulyadi terkait perkembangan dan langkah strategis penanganan COVID-19 di Kota Palu. 

Dalam kondisi isolasi mandiri tersebut Rusdy Mastura tetap bekerja untuk memastikan penanganan COVID-19 berjalan dengan baik dan efektif sesuai rencana kerja, termasuk langkah-langkah yang disiapkan dan dilakukan jika COVID-19 meningkat tajam di provinsi itu.

Berdasarkan data Pusdatina Provinsi Sulteng tanggal 19 Juli 2021 bahwa warga yang positif COVID-19 bertambah 273 orang, sehingga total menjadi 17.065 kasus. Sedangkan pasien COVID-19 dinyatakan telah sembuh sebanyak 49 orang, sehingga secara kumulatif total pasien COVID-19 yang sembuh sampai saat ini berjumlah 13.729 orang.

Selain itu, hingga saat ini terdapat 624 sampel masih dalam proses di Laboratorium Kesehatan milik Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah.