DPRD Palu: RPJMD 2021-2026 harus bisa tingkatkan ekonomi masyarakat

id Sulteng,Palu,Sandi,DPRD,DPRD Palu

DPRD Palu: RPJMD 2021-2026 harus bisa tingkatkan ekonomi masyarakat

Anggota DPRD Palu mengikuti dan menyampaikan pandangan fraksi terhadap Raperda RPJMD Kota Palu Tahun 2021-2026 dalam rapat paripurna di ruang sidang utama Kantor DPRD Palu, Senin (19/7). ANTARA/Muhammad Arsyandi

Palu (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu menyatakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Palu Tahun 2021-2026 harus bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, utamanya pascabencana 2018.

Anggota DPRD Palu Nasir Dg Gani saat membacakan pandangan Fraksi PKB terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) RPJMD Kota Palu 2021-2026 dalam rapat paripurna, Senin, mengatakan RPJMD tersebut harus sejalan dengan program pemerintah pusat.

“RPJMD Kota Palu 2021-2026 mesti mendukung koordinasi antarpelaku pembangunan, menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi dan sinergi, baik antar daerah, antar fungsi pemerintah maupun antar pusat dan daerah," katanya.

Kemudian juga menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan, mengoptimalkan partisipasi masyarakat dan menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.

"RPJMD Kota Palu 2021-2026 sangat penting karena akan menentukan arah penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kota Palu ke depan. Untuk itu, perlu dilakukan penyelarasan program pembangunan yang sesuai dengan terwujudnya masyarakat, melalui percepatan pembangunan infrastruktur dan perbaikan tata kelola pemerintah," ujarnya. 

Nasir menambahkan di tengah pandemi COVID-19, RPJDM Kota Palu 2021-2026 juga penting membuat perekonomian masyarakat berkembang, bukan hanya meningkat.

Oleh sebab itu ia menginginkan RPJMD Kota Palu 2021-2026 memuat program  yang nyata terhadap peningkatan pendapatan masyarakat, yang sangat berhubungan dengan pembangunan Kota Palu.

"Pelaksanaan pembangunan dalam segala bidang selama lima tahun kedepan, diharapkan bisa lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi, karena selama pandemi COVID-19 ini masyarakat benar-benar merasakan dampak negatifnya," ucapnya.
 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar