Gubernur Sulteng: Pembagian daging kurban harus tepat sasaran

id gubernur sulteng,rusdy mastura,hewan kurban,idul adha,covid-19

Gubernur Sulteng: Pembagian daging kurban harus tepat sasaran

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura mengemukakan pembagian daging hewan kurban yang dilaksanakan oleh panitia kurban harus tepat sasaran untuk membantu kebutuhan masyarakat yang membutuhkan.

"Daging hewan kurban kali ini langsung ke masyarakat yang membutuhkan, seperti masyarakat kita yang berada di hunian sementara," kata Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, di Palu, Rabu.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menyembelih hewan kurban sebanyak 125 ekor sapi dan empat ekor kambing. Hewan qurban itu berasal dari Presiden RI Joko Widodo dan ditambah dari gabungan OPD lingkup provinsi, perbankan dan organisasi keagamaan.

Gubernur meminta agar pembagian/penyaluran daging hewan kurban diprioritaskan kepada masyarakat penyintas gempa, tsunami dan likuefaksi yang saat ini berada di hunian sementara.

"Hal ini dilakukan agar penyaluran daging hewan kurban tepat sasaran kepada masyarakat yang kurang mampu dan yang terdampak wabah COVID-19," ujar Gubernur.

Gubernur meminta panitia kurban mempedomani Surat Edaran Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2021, pemotongan hewan kurban wajib mengikuti protokol kesehatan.

"Semoga tahun seterusnya program bantuan kurban dari Presiden RI ini masih berlanjut kepada daerah lain di Sulawesi Tengah sehingga semua kabupaten/kota dapat bergiliran merasakan manfaatnya," kata Gubernur.

Sebelumnya Gubernur Rusdy Mastura meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di tingkat provinsi untuk melaksanakan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah.

"OPD tingkat provinsi agar melakukan pemotongan hewan kurban di tempat masyarakat yang sangat membutuhkan, supaya semua yang mampu untuk berkurban, agar melaksanakan dan diberikan kepada masyarakat kita yang sangat membutuhkan," sebutnya.

Gubernur memerintahkan kepada seluruh kepala OPD di tingkat provinsi agar melaksanakan hal itu, dan dilakukan bersama masyarakat yang membutuhkannya.
 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar