Pemkab Sigi sambut baik PT Gunanusa investasi di sektor pertanian

id pemkab sigi,bupati sigi,PT Gunanusa Eramandiri,wabup sigi,samuel pongi,mohamad irwan

Pemkab Sigi sambut baik PT Gunanusa  investasi di sektor pertanian

Bupati Sigi Mohamad Irwan menyampaikan arahan dalam sosialisasi rencana investasi kacang tanah oleh PT Gunanusa Eramandiri, di Sigi, Kamis. (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menyambut baik rencana PT Gunanusa Eramandiri untuk melakukan investasi pada sektor pertanian khususnya pengembangan tanaman kacang tanah.

"Hal ini terkait dengan visi daerah  yaitu Sigi yang berdaya saing berbasis agribisnis," ucap Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Kamis.

Pemerintah Kabupaten Sigi bersama PT Gunanusa Eramandiri mulai melakukan sosialisasi rencana pengembangan budidaya tanaman kacang tanah yang dihadiri Bupati Sigi Mohamad Irwan, Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi, Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh Basir, pihak Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Sulteng, PT Bank Sulteng, Camat dan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Sigi Biromaru dan Dolo, dan sejumlah pejabat lingkup Pemkab Sigi.

Sosialisasi rencana investasi itu, kata Bupati Sigi, merupakan tindak lanjut dari penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Pemkab Sigi dengan PT Gunanusa Eramandiri.

"Pertemuan ini dalam rangka menindaklanjuti pelaksanaan MoU beberapa tahun lalu, dan hasil beberapa kegiatan pertemuan sebelumnya," ungkap Irwan.

Menurut Bupati Sigi dua periode ini, kehadiran investasi pengembangan budidaya kacang tanah yang dilakukan oleh PT Gunanusa Eramandiri ini sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Sigi yang tertuang dalam RPJMD yakni mewujudkan Sigi yang berdaya saing berbasis agribisnis.

"Dalam hal ini pemerintah daerah bertugas sebagai kekuatan penuh mengatur,  dan pihak swasta sebagai pengendali, serta BPP yang menjadi kekuatan di Pemda," ujarnya.

Irwan berharap BPP Sigi Biromaru dan BPP Dolo agar mulai menginventarisir potensi lahan pertanian untuk budidaya kacang tanah, sehingga kegiatan investasi tersebut berjalan baik. 

Sebab, menurut Bupati, dengan hadirnya investasi itu dapat memberikan penguatan kepada masyarakat secara ekonomi, sehingga pendapatan masyarakat bisa meningkat.

Sementara pihak PT Gunanusa Eramandiri menyatakan tujuan investasi itu yaitu menjadi produsen terpilih untuk produk kacang-kacangan, dengan mutu yang terbaik dan harga kompetitif di pasarr ASEAN. 

PT Gunanusa Eramandiri berkomitmen memperbaiki kualitas proses dari hulu rantai pasok, berbasis kerja sama dengan petani yang dapat memberikan manfaat yang positif.
Peserta sosialisasi melakukan foto bersama Bupati Sigi Mohamad Irwan terkait rencana investasi pengembangan budidaya kacang tanah oleh PT Gunanusa Eramandiri, di Sigi, Kamis. (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi)



 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar