Gubernur minta PUPR bantu bangun Masjid Agung-Kantor Bupati Sigi

id pemprov sulteng,gubernur sulteng ,rusdy mastura,rehab-rekon pascagempa,kantor bupati sigi,masjid agung palu

Gubernur minta PUPR  bantu bangun Masjid Agung-Kantor Bupati Sigi

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura meminta bantuan kepada satuan tugas penanggulangan bencana gempa, tsunami dan likuefaksi Kementerian PUPR agar membantu bangunkan Masjid Agung Darussalam Palu dan Kantor Bupati Sigi.

"Kepada Menteri PUPR dan Satgas penanggulangan bencana Sulteng Kementerian PUPR agar dapat memberikan dukungan untuk percepatan pembangunan Masjid Agung Darussalam Palu dan Kantor Bupati Sigi," ucap Rusdy Mastura, di Palu, Kamis.

Gubernur mengemukakan bahwa pembangunan infastruktur di daerah terdampak gempa, tsunami dan likuefaksi harus dilakukan secara merata.

Bahkan, tidak hanya di daerah terdampak bencana 28 September 2018, kata Rusdy, melainkan di semua kabupaten/kota di wilayah Sulawesi Tengah pembangunan infastruktur harus dilakukan secara merata.

Oleh karena itu, Gubernur memohon dukungan Kementerian PUPR dan Satgas Penanggulangan Bencana Kementerian PUPR untuk mempercepat pembangunan infastruktur utamanya di daerah terdampak bencana 28 September 2018.

Gubernur berharap Kementerian PUPR dan Satgas Penanggulangan Bencana PUPR untuk memberikan dukungan untuk percepatan  pembangunan kembali Masjid Agung Darussalam Palu, yang sudah diratakan dengan tanah akibat terdampak bencana yang terjadi.

Sampai saat ini pembangunan kembali masjid tersebut belum bisa dilakukan karena keterbatasan anggaran, padahal Masjid Agung itu merupakan kebanggaan masyarakat Sulawesi Tengah.

"Diharapkan  Satgas PUPR dapat mendukung percepatan pembangunannya," ujarnya.

Gubernur juga berharap Kementerian PUPR dan Satgas Penanggulangan Bencana PUPR memberikan dukungan untuk pembangunan kembali Kantor Bupati Sigi yang rusak karena terdampak bencana.

Sejak terdampak gempa 28 September 2018 hingga saat ini, Bupati Sigi Mohamad Irwan dan Sekretariat Daerah Kabupaten Sigi melakukan aktivitas pemerintahan sementara dengan memanfaatkan di Kantor Kecamatan Dolo karena gedung Kantor Bupati Sigi di Desa Bora sampai saat ini belum dibangun kembali setelah terdampak gempa.

Selain itu Gubernur juga meminta Kementerian PUPR membantu Pembangunan Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kantor BPBD Propinsi Sulawesi Tengah yang rusak karena terdampak tsunami dan gempa 28 September 2018.

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura berharap Kementerian PUPR dapat memberikan persetujuan untuk pembangunan kembali infrastruktur tersebut, dengan tetap membangun koordinasi dengan pemerintah daerah setempat.
 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021