Kabut Asap Kebakaran Masih Selimuti

id asap

Kabut Asap Kebakaran Masih Selimuti

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Palu,  (antarasulteng.com) - Kabut asap akibat kebakaran hutan hingga kini masih menyelimuti wilayah udara Kota Palu dan sekitarnya, kata seorang petugas bandara.

Seorang pemandu lalu lintas udara (Air Traffic Controller/ATC) Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Made, Jumat.

Ia mengatakan meski kabut asap masih belum bersih di langit Kota Palu, namun penerbangan hari ini cukup bagus.

Untuk pagi ini, kata Made, dua pesawat yang mendarat hari sesuai jadwal penerbangan.

Kedua pesawat itu adalah Wings Air dari Luwuk tujuan Palu mendarat pada pukul 09.12 WITA dan Lion Air dari Jakarta sekitar pukul 09.26 WITA tiba di Bandara Mutiara.

Sementara dua pesawat lagi yaitu Lion Air dari Surabaya dan Batik Air dari Makassar hingga saat ini belum juga masuk.

"Kami belum mendapat konfirmasi dari kedua maskapai itu," katanya.

Dia berharap semua pesawat yang melayani rute dari dan ke Palu hari ini tiba dan diberangkatkan sesuai jadwal penerbangan yang telah diatur pihak otoritas bandara.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palu mencatat kabut asap kebakaran bukan hanya menyelimuti Kota Palu, tetapi juga Kabupaten Sigi, Donggala, Luwuk, Tolitoli dan Poso.

Jarak pandang sekarang ini 4.000 meter sehingga memungkinkan semua pesawat bisa mendarat maupun diberangkatkan, kata Rio, seorang prakirawan cuaca Bandara Mutiara Palu.

Jumlah penumpang yang diberangkatkan setiap hari dari Bandar Mutiara menuju berbagai kota di Tanah Air berkisar 1.500 orang dengan 15 kali penerbangan.