16.022 penerima manfaat PKH Palu menerima bantuan beras PPKM COVID-19

id PKH, bansos, beras, dinsos, Romi, Pemkotpalu, dampak pandemi, ppkm, COVID-19, sulteng

16.022 penerima manfaat PKH Palu menerima bantuan beras PPKM COVID-19

Kepala Dinas Sosial Kota Palu, Romi Sandi. ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) -
Sebanyak 16.022 keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) di Palu, Sulawesi Tengah menerima bantuan beras selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Diupayakan penyaluran bantuan ini secepatnya selesai atau sebelum masa PPKM level 4 berakhir 2 Agustus 2021," kata Kepala Dinas Sosial Kota Palu Romi Sandi yang dihubungi di Palu, Kamis.

Ia menjelaskan bantuan beras di masa PPKM untuk warga prasejahtera di 46 kelurahan yang tersebar di delapan kecamatan itu sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat atas dampak yang ditimbulkan pandemi COVID-19.

Dari penyaluran bantuan tersebut, Dinas Sosial mencatat angka realisasi mencapai 12.585 KPM atau sekitar 78,55 persen, diharapkan dalam waktu dekat persentase tersebut dapat mencapai angka 100 persen.

"Pemkot Palu bekerja sama dengan Perum Bulog Sulteng dalam pendistribusian ke masyarakat dengan jenis beras medium," ujar Romi.

Selain bantuan beras kepada KPM PKH, pemerintah juga menyalurkan bantuan sosial (bansos) lainnya, seperti bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial senilai Rp600 ribu periode Mei-Juni 2021 yang disalurkan beberapa waktu lalu melalui Kantor Pos untuk 6.988 penerima manfaat.

Penyaluran BST tersebut, juga merupakan bagian dari upaya percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di masa Pandemi COVID-19. "Pemerintah tetap memberikan perlindungan dan jaminan sosial kepada masyarakat. Tidak bisa di pungkiri, pandemi ini sangat berdampak terhadap masyarakat kecil, oleh karena itu dibutuhkan intervensi pemerintah daerah," katanya.

Ia menambahkan bantuan lain juga sedang dalam proses pengajuan ke Perum Bulog Sulteng, khusus penerima bantuan cadangan beras pemerintah, dimana cadangan beras pemerintah untuk Kota Palu di gudang Bulog sekitar 100 ton dan bantuan tersebut akan disalurkan untuk membantu warga yang terdampak PPKM.

"Sasaran bansos ini adalah kelompok rentan, seperti buruh atau petugas kebersihan, pekerja (dalam program) Padat Karya, pemulung dan sebagainya," kata Romi.