Pemkot Palu harapkan perusahaan penyedia oksigen penuhi kebutuhan RS

id Tabung oksigen, wawalipalu, Reny Lamadjido, Pemkot Palu, Sulteng, COVID-19, Corona, penanganan COVID-19

Pemkot Palu  harapkan perusahaan penyedia oksigen penuhi kebutuhan RS

Wakil Wali Kota Palu, Reny A Lamadjido (kiri) meninjau ketersediaan tabung oksigen di Perusahaan PT Tira Austenie Tbk yang saat ini sangat dibutuhkan Rumah Sakit Untuk keperluan perawatan pasien terinfeksi virus Corona di Palu, Senin (2/8/2021). ANTARA/HO/Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengharapkan perusahaan penyedia oksigen dapat memenuhi kebutuhan oksigen Rumah Sakit di Kota itu.
 
"Saat ini rumah sakit sangat membutuhkan tabung oksigen untuk mendukung pengobatan pasien terpapar COVID-19," kata Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido saat meninjau ketersediaan tabung oksigen di PT Tira Austenie Tbk di Palu, Senin.
 
Ia meminta distributor oksigen agar memprioritaskan kebutuhan rumah sakit dalam rangka mengantisipasi minimnya stok oksigen bila sewaktu-waktu terjadi.
 
Meskipun saat ini tabung oksigen masih tersedia di Palu, namun tidak menutup kemungkinan stok tersebut bisa saja berkurang karena produsen tidak hanya ada di ibu kota Sulteng, serta bila terjadi lonjakan kasus positif COVID-19 yang harus mendapat perawatan intensif atau membutuhkan bantuan oksigen.
 
"Kita sudah harus memperhitungkan kondisi-kondisi buruk seperti ini. Kami berharap jangan sampai terjadi kekurangan stok di Palu," ujarnya.
 
Beberapa waktu lalu, Pemkot Palu juga telah meninjau ketersediaan pasokan oksigen milik Perusahaan PT Aneka Gas Industri guna memastikan ketersediaan tabung oksigen di kota itu aman.
Pekerja PT Tira Austenie Tbk sedang mencatat jumlah tabung oksigen yang sudah terisi dan siap untuk didistribusi ke Rumah Sakit untuk keperluan perawatan pasien terinfeksi virus Corona di Palu, Senin (2/8/2021). ANTARA/HO/Humas Pemkot Palu

Di tempat yang sama, Staf Administrasi Logistik PT Tira Austenite Didik menyatakan, bahwa biasanya pihaknya melakukan pengisian tabung oksigen dalam sehari sekitar 200 tabung, baik untuk medis maupun kebutuhan industri.
 
"Melihat kondisi saat ini, kami memprioritaskan kebutuhan medis dan kami mampu memproduksi 200 tabung sehari untuk rumah sakit," ungkap Didik.
 
Dikatakannya, PT Tirta Austenite saat ini baru melayani dua RS di Kota Palu, yakni RS Anutapura milik Pemkot Palu dan RS Bhayangkara milik Polda Sulteng dengan jumlah masing-masing kebutuhan sebanyak 100 tabung per hari.
 
Didik menjabarkan, tabung oksigen ukuran 6M3 dijual dengan harga Rp132 ribu per tabung baik untuk medis maupun industri, sedangkan oksigen ukuran 1M3 dijual seharga Rp77 ribu per tabung.
 
"Bila ada masyarakat umum yang butuh oksigen kami layani jika kami sedang melakukan pengisian. Kalau belum ada pengisian, kami mohon maaf untuk menunggu," ucap Didik.
Ia menambahkan, jadwal pengisian tabung oksigen tidak menentu, tergantung jumlah tabung kosong yang ada.
 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021