Olimpiade Tokyo: Klasemen medali Indonesia naik posisi 35, China memimpin

id olimpiade tokyo,klasemen medali olimpiade

Olimpiade Tokyo: Klasemen medali Indonesia naik posisi 35, China memimpin

Sebuah nampan medali yang digunakan untuk upacara kemenangan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 ditampilkan selama acara pembukaan di Ariake Arena di Tokyo, Jepang, Kamis (3/6/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato/Pool/WSJ/sa. (REUTERS/ISSEI KATO)

Jakarta (ANTARA) - Kontingen Indonesia melompat naik ke posisi 35 klasemen perolehan medali Olimpiade Tokyo 2020 per hari Senin, sementara China semakin memimpin di puncak.

Pasukan Merah Putih akhirnya memuaskan dahaga raihan medali emas di Tokyo setelah pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu berjaya di bulu tangkis ganda putri.

Medali emas Olimpiade Tokyo pertama bagi Indonesia itu belakangan diikuti oleh Anthony Sinisuka Ginting yang mendapatkan medali perunggu bulu tangkis tunggal putra.

Tambahan dua medali itu membuat Indonesia yang sehari sebelumnya berada di peringkat 57, kini menempati posisi 35 dengan koleksi satu emas, satu perak dan dua perunggu.

Sementara itu China kian mengukuhkan posisi mereka di puncak klasemen perolehan medali setelah memetik lima medali emas, tiga perak dan tiga perunggu sepanjang kompetisi hari Senin.

Dengan demikian, China kini bercokol di puncak dengan total koleksi sementara 29 medali emas, 17 perak dan 16 perunggu.

Dalam komposisi 10 besar klasemen, Jerman kembali naik setelah meraih dua medali emas tambahan pada hari Senin. Jerman kini menempati peringkat kedelapan dengan enam medali emas, enam perak dan 11 perunggu, membuat Italia tercecer dari 10 besar.

Berikut 10 besar klasemen perolehan medali Olimpiade Tokyo 2020 hingga Senin, seturut laman resmi kompetisi: