Ketua PKK Sulteng apresiasi nakes tangani pasien COVID

id TP-PKK Sulteng, Vera Rompas, nakes, penanganan COVID-19, sulteng

Ketua PKK Sulteng  apresiasi nakes tangani pasien COVID

Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Tengah Vera Rompas (kedua dari kanan) menyerahkan bantuan paket suplemen kepada tenaga kesehatan di Rumah Sakit Bhayangkara Palu, Jumat (6/8/2021). ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Sulteng

Palu (ANTARA) -
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sulawesi Tengah Vera Rompas mengapresiasi peranan tenaga kesehatan di daerah itu sebagai garda terdepan dalam menangani pasien COVID-19.

"Tugas mereka sangat mulia, maka kami mengapresiasi itu. Tidak semua orang bisa melakukan pekerjaan ini, maka dari itu mereka adalah garda terdepan menangani pasien COVID-19," katanya saat memberikan paket suplemen kepada tenaga kesehatan di rumah sakit dan puskesmas di Palu, Jumat.
 
Ia menjelaskan tenaga kesehatan selain memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, juga pendampingan dalam rangka penyembuhan pasien.
 
Oleh karena itu, katanya, pemerintah maupun berbagai pihak lainnya perlu mendukung tugas yang diemban para nakes, terutama dalam situasi pandemi saat ini.

Mereka, katanya, perlu mendapatkan semangat agar mampu bertugas dengan baik melayani pasien virus.
 
"Kita harus menghargai pengorbanan petugas kesehatan. Mereka merupakan pahlawan kemanusiaan yang berada di garis depan meskipun risiko itu besar, tanpa peran mereka penanganan COVID-19 tidak akan maksimal berjalan," ujar Vera Rompas.

Bantuan paket suplemen TP-PPK Sulteng diberikan kepada 280 tenaga medis khusus menangani pasien COVID-19 di dua rumah sakit dan 14 puskesmas di Palu.

Dalam kesempatan itu, ia mengajak warga Sulteng senantiasa mematuhi protokol kesehatan (prokes), agar penanganan, pengobatan, maupun pencegahan dan pengendalian pandemi oleh pemerintah berjalan seirama dengan harapan menekan angka kasus serta mengembalikan daerah setempat ke zona aman.
 
Apalagi, katanya, selama perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), tentu kebijakan pemerintah semakin ketat, khususnya menindaklanjuti pelanggaran-pelanggaran terhadap prokes.
 
"Kita harus bersama-sama melawan COVID-19. Caranya bagaimana, ya tentu dengan mematuhi protokol kesehatan. Jika tidak ada kepentingan dan urusan mendesak, sebaiknya menahan diri beraktivitas di luar," katanya.
 
Pada penyaluran paket tersebut, Ketua TP-PKK Sulteng Vera Rompas di dampingi Wakil Wali Kota Palu Reny A. Lamadjido dan sejumlah pejabat rumah sakit.