DPRD Kota Palu: Pahlawan saat ini adalah tenaga kesehatan

id Sulteng,Sandi,Palu,Ppkm

DPRD Kota Palu:  Pahlawan saat ini adalah tenaga kesehatan

Sejumlah tenaga medis beraktivitas di tenda darurat di halaman Rumah Sakit Undata, Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (7/8/2021). Satgas COVID-19 Sulawesi Tengah mengonfirmasi telah terjadi peningkatan angka kasus COVID-19 yang cukup siginifikan mencapai 5.875 kasus sejak 1 hingga 7 Agustus 2021 di wilayah Sulteng atau secara kumulatif menjadi sebanyak 28.696 kasus. ANTARA/Basri Marzuki

Palu (ANTARA) - Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu Mutmainnah Korona menyatakan pahlawan yang berjasa di Indonesia saat ini adalah tenaga kesehatan (nakes).S

Sebab mereka berada di garda terdepan mempertaruhkan nyawa dan mengorbankan waktu serta tenaga dalam menangani pandemi COVID-19 utamanya warga yang terpapar COVID-19 di Indonesia, khususnya di Kota Palu.

"Kerja keras para nakes yang terus melayani dan memastikan warga terpantau dalam data pelacakan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kota Palu tentu tidaklah mudah. Mereka bekerja tanpa pamrih bahkan melayani tanpa batas waktu," kata Korona di Palu, Rabu.

Di Palu sendiri, lanjutnya, pengorbanan para nakes terlihat dalam WhatssApp Group (WAG) Satgas COVID-19 pada delapan kecamatan yang berisi nakes yang bekerja di rumah sakit maupun di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang khusus menangani warga terpapar COVID-19 utamanya yang menjalani isolasi mandiri.

"Selain melayani di puskesmas, para nakes juga melakukan kunjungan ke rumah-rumah warga terpapar COVID-19 selama menjalani isolasi mandiri dengan pemberian obat, vitamin dan arahan bagaimana melakukan isolasi mandiri yang semestinya," ucapnya.

Menurutnya, pola penanganan warga terpapar COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri semacam itu sangat membantu. Pola penanganan di rumah sakit pun begitu, mereka bekerja penuh waktu.

Apalagi menangani pasien di ruang Intensive Care Unit (ICU) yang membutuhkan pendampingan khusus seperti memastikan ketersediaan oksigen bagi pasien, layanan pemberian obat berdasarkan kondisi tubuh pasien. Begiu pula pelayanan bagi pasien yang melahirkan.

"Mereka bergelut dengan orang orang terpapar COVID-19 sejak Maret 2020 sampai sekarang. Banyak suka dan duka yang mereka alami.

Salah satu hasil perjuangan meraka adalah data kesembuhan COVID-19 di Palu mulai menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Walau di sisi lain, angka kematian juga masih terus ada," terangnya.

Mutmainnah menambahkan jika perjuangan para nakes disertai dengan kesigapan pemangku kebijakan untuk memastikan fasilitas kesehatan di rumah sakit dan puskemas lengkap dan terpenuhi akan semakin membantu nakes bekerja memulihkan para pasien.