Swedia Atasi Denmark 2-1

id Zlatan, Ibrahimovic

Swedia Atasi Denmark 2-1

Pemain timnas Swedia Zlatan Ibrahimovic (ant)

Stockholm (antarasulteng.com) - Swedia berhasil mengatasi tim tamu Denmark dalam laga playoff Piala Eropa 2016 dengan skor akhir 2-1 di Friends Arena, Stockholm, Minggu pagi WIB.

Kemenangan tersebut diperoleh berkat gol yang dicetak pemain sayap klub Jerman, Emil Forsberg, pada pengujung babak pertama dan eksekusi penalti bintang Paris Saint-Germain Zlatan Ibrahimovic menit 50.

Sementara Denmark membalas lewat pemain pengganti Nicolai Jorgensen pada menit 80.

Hasil tersebut menjadi modal positif tim besutan Erik Hamren itu menyambut laga kedua di Kopenhagen, Denmark, Rabu (18/11) nanti.

Pemenang dari laga tersebut nantinya akan lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 di Prancis, yang sudah dihuni 20 tim menantikan pengundian fase penyisihan grup.

Denmark sepanjang laga menguasai jalannya pertandingan, memiliki 63 persen penguasaan bola dan melepaskan 15 kali percobaan tembakan.

Namun sebuah peluang terbuka yang diperoleh penyerang VfL Wolfsburg, Nicklas Bendtner, pada menit 44 di hadapan penjaga gawang Andreas Isaksson setelah menerima umpan terobosan nan cantik dari gelandang Tottenham Hotspur Christian Eriksen, justru diselesaikan dengan tendangan melenceng tak tentu arah.

Hal itu harus dibayar mahal oleh Denmark yang semenit berselang harus melihat bola bersarang di gawang Kasper Schmeichel lewat tendangan kaki kanan Forsberg menyelesaikan umpan Mikael Lustig.

Di menit-menit tambahan babak pertama, Ibrahimovic hampir menggandakan keunggulan Swedia namun bola tendangannya masih bisa diselamatkan Schmeichel.

Usai turun minum, Swedia berusaha keluar dari tekanan Denmark dan menggandakan keunggulan, sayang tandukan Ibrahimovic pada menit 48 masih melambung ke samping kiri gawang.

Ibrahimovic akhirnya sukses menggandakan keunggulan Swedia dengan eksekusi tendangan 12 pas pada menit 50 yang diperoleh setelah Forsberg dilanggar Thomas Kahlenberg di area terlarang.

Semenjak tertinggal dua gol, Denmark belum menyerah namun tiga peluang yang mereka dari Lars Jacobsen menit 60, Bendtner menit 67 dan pemain pengganti Yussuf Poulsen menit 79 tak kunjung berbuah gol.

Jorgensen, yang masuk pada menit 54 menggantikan Kahlenberg, akhirnya memperkecil ketertinggalan Denmark menjadi 1-2 dari Swedia setelah memanfaatkan situasi sepak pojok.

Jorgensen hampir membawa Denmark menyamakan kedudukan pada menit-menit akhir laga, namun bola tandukannnya menyambut umpan silang Jacobsen masih menyamping di kanan gawang Isaksson.

Skor tak berubah 2-1 untuk kemenangan Swedia saat wasit Nicola Rizzoli meniup peluit tanda laga usai.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut seturut laman resmi UEFA.

Swedia (4-4-2): Andreas Isaksson (PG); Mikael Lustig, Mikael Antonsson (Erik Johansson), Andreas Granqvist, Martin Olsson; Jimmy Durmaz (Sebastian Larsson), Oscar Lewicki, Kim Kallstrom, Emil Forsberg; Marcus Berg, Zlatan Ibrahimovic (John Guidetti)
Pelatih: Erik Hamren

Denmark (4-1-4-1): Kasper Schmeichel (PG); Lars Jacobsen, Simon Kjaer, Daniel Agger, Riza Durmisi; William Kvist; Martin Braithwaite (Yussuf Poulsen), Thomas Kahlenberg (Nicolai Jorgensen), Christian Eriksen, Viktor Fischer (Pierre-Emile Hojbjerg); Nicklas Bendtner
Pelatih: Morten Olsen

Editor: Tasrief Tarmizi