Pemkab Sigi gandeng sejumlah pihak kurangi risiko bencana

id Pemkab Sigi,Bupati Sigi,Mohamad Irwan,Pengurangan risiko bencana,Bencana Sigi

Pemkab Sigi gandeng sejumlah pihak kurangi risiko bencana

Bupati Sigi Mohamad Irwan (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menggandeng para pihak dari unsur pemerintah, NGO dan sebagainya dalam rangka membangun ketangguhan daerah untuk mengurangi risiko bencana.

"Pengurangan risiko bencana harus menjadi upaya semua elemen, pemerintah, NGO, dan masyarakat, serta pihak lainnya," ucap Bupati Sigi Mohamad Irwan di Sigi, Sabtu.

Baca juga: Pemkab Sigi ajak masyarakat cegah penularan COVID-19

Menurut Mohamad Irwan, pengurangan risiko bencana, merupakan satu prioritas yang harus didukung dan melibatkan para pihak dalam implementasinya.

Karena itu, Mohamad Irwan mengatakan semua unsur pemerintah, perlu untuk bekerjasama dengan NGO, badan usaha, serta pers dan masyarakat, untuk bersama-sama membangun ketangguhan menghadapi bencana.

"Konsep pentahelix, di dalamnya ada pemerintah, komunitas masyarakat, pelaku usaha, akademisi dan media harus menjadi kekuatan bersama dalam upaya penanggulangan bencana," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Sigi salurkan Rp17 miliar untuk pemulihan ekonomi

Pemkab Sigi telah menggandeng berbagai pihak untuk pengurangan risiko bencana alam, mengingat Sigi menjadi salah satu daerah yang rentang terhadap bencana alam banjir dan longsor.

Salah satu pihak yang digandeng adalah islamic relief, yang berkontribusi dalam hal pengelolaan data dan informasi kebencanaan.

"Terima kasih kepada Islamic Relief yang terus bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam upaya mengatasi bencana," katanya.

Baca juga: Gubernur Sulteng dorong KPH Kulawi libatkan warga kelola potensi hutan

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Sigi Asrul Repadjori mengemukakan bahwa pihak terus berupa menyusun program yang mengarah pada pembangunan ketangguhan dalam menghadapi bencana.

"Saat ini penilaian ketangguhan Kabupaten Sigi menghadapi bencana sudah mencapai angka di atas 70 persen dan diharapkan semakin meningkat melalui upaya-upaya bersama yang dilakukan oleh pemerintah dan unsur non-pemerintah lainnya," ujarnya.

Sementara Direktur Islamic Relief Nanang S. Dirja mengatakan kerja sama pihaknya dengan Pemkab Sigi adalah upaya untuk meminimalisir korban jiwa maupun materi saat terjadi bencana.

"Melalui pengelolaan data dan informasi kebencanaan sebagai bagian dari mitigasi bencana," ucap Nanang S Dirja.

Dirinya megharapkan pemerintah Kabupaten Sigi dan seluruh elemen masyarakat siap dan tangguh dalam menghadapi bencana.