DSLNG bantu Rumah Jurnalis Banggai tangani COVID-19 di kalangan wartawan

id Dslg-wartawan

DSLNG bantu Rumah Jurnalis Banggai tangani COVID-19 di kalangan wartawan

Bantuan donasi penanganan COVID-19 dari PT Donggi Senoro LNG kepada Posko Rumah Jurnalis Banggai. Foto Dokumentasi DSLNG

Banggai (ANTARA) - Tingginya kasus konfirmasi positif gelombang kedua COVID-19 di Kabupaten Banggai pada periode akhir Juli hingga Agustus ini, menyebabkan sejumlah wartawan maupun anggota keluarganya ikut terpapar virus tersebut.

Walaupun belum ada wartawan yang dilaporkan harus menjalani perawatan intensif di RSUD Luwuk maupun rumah sakit darurat COVIID-19, namun beberapa wartawan maupun anggota keluarganya yang terpapar terpaksa harus menjalani isolasi mandiri.

Karena kondisi itulah, sejumlah organisasi kewartawanan seperti PWI Banggai dan AJI Palu berinisiatif membentuk "Rumah Jurnalis Banggai," guna menggalang donasi bagi wartawan yang terpapar maupun terdampak pandemi COVID-19.

Rumah Jurnalis Banggai yang menempati Sekretariat PWI Banggai sebagai poskonya, melakukan pemantauan dan antisipasi terhadap kemungkinan gejala sedang dan berat yang dialami wartawan yang terpapar COVIID-19, melalui penyediaan tabung oksigen darurat hingga peralatan oxymeter.

Selain itu, Rumah Jurnalis Banggai melakukan langkah pencegahan terhadap wartawan yang masih aktif bertugas di lapangan, agar tetap sehat dan terjaga imunitasnya serta terhindar dari paparan Covid, melalui pemberian vitamin dan suplemen serta masker.

PT Donggi-Senoro LNG (DSLNG) menjadi salah satu perusahaan yang telah ikut berpartisipasi melalui donasi pada upaya Rumah Jurnalis Banggai untuk penanganan COVID-19.

Bantuan DSLNG dikelola Rumah Jurnalis Banggai antara lain pengadaan vitamin dan suplemen serta masker untuk para wartawan, pengadaan oxymeter untuk mengukur kadar oksigen dalam darah, perlengkapan tabung oksigen lengkap, dan beberapa tabung oxycan atau oksigen mini sebagai antisipasi dini terhadap kemungkinan keadaan darurat yang dialami wartawan dan keluarganya.

External Communication Supervisor DSLNG Rahmat Azis menyebutkan jurnalis adalah salah satu garda terdepan dalam segala situasi dan kondisi, termasuk pandemi saat ini.

"Pekerjaan hebat mereka memberi resiko terpapar COVID-19 yang juga bisa berdampak terhadap keluarga. Sebagai teman dan saudara, serta dalam hubungan profesional, kami dari DSLNG melihat ini saatnya bagi kita semua untuk saling bantu. Semoga semua jurnalis selalu dalam kondisi baik dan sehat," ujar Rahmat Azis.

Koordinator Rumah Jurnalis Banggai Irwan Kurniawan Basir menyampaikan terima kasih kepada DSLNG yang telah ikut berdonasi pada Rumah Jurnalis Banggai.

"Bantuan DSLNG sangat bermanfaat untuk teman-teman wartawan di Kabupaten Banggai, termasuk antisipasi dini terhadap keadaan darurat yang dialami wartawan dan keluarganya," kata Irwan.

Hal senada disampaikan Ketua PWI Banggai Iskandar Djiada bahwa donasi perusahaan seperti DSLNG tentu sangat membantu wartawan, apalagi sudah ada beberapa wartawan yang terpapar dan harus menjalani isolasi mandiri.

Sejumlah barang seperti tabung oksigen lengkap maupun tabung oksigen mini juga bermanfaat untuk keadaan tertentu, saat ada wartawan atau keluarga inti wartawan yang membutuhkan penanganan darurat sebelum ditangani secara intensif oleh rumah sakit.**
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021