NasDem Sulteng bantu bersihkan rumah warga terdampak banjir Sigi

id NasDem Sulteng,Banjir Rogo,Banjir Sigi,Atha Mahmud,Nasdem

NasDem Sulteng  bantu bersihkan rumah warga terdampak banjir Sigi

Tim Rescue dan Garda Pemuda NasDem diterjunkan ke lokasi untuk melakukan survei dan membantu penanganan dampak bencana banjir bandang di Desa Rogo, Sigi, Senin. (ANTARA/HO-Dok NasDem Sulteng)

Palu (ANTARA) - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat Sulawesi Tengah (NasDem Sulteng) melalui tim rescue membantu membersihkan material lumpur yang masuk ke rumah warga terdampak banjir bandang di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi.

"Tim Rescue bersama dengan Garda Pemuda NasDem Sulteng ikut membantu bersihkan rumah warga korban banjir Desa Rogo," ucap Ketua DPW NasDem Sulteng Atha Mahmud, di Palu, Senin.

Desa Rogo dilanda banjir bandang disertai material lumpur dan kayu pada Minggu malam (29/8). Pemerintah Desa Rogo menyatakan 80 kepala keluarga mengungsi karena terdampak banjir bandang tersebut.

Atas kondisi itu, DPW NasDem Sulteng menurunkan Tim Rescue dan Garda Pemuda NasDem untuk melakukan aksi kemanusiaan yang diawali dengan survei lokasi, dan survei warga terdampak, serta kebutuhan mendesak yang dibutuhkan oleh warga terdampak banjir.

"Mereka telah melakukan survei hari ini, dan langsung menyiapkan segala kebutuhan warga hari ini juga untuk segera didistribusikan," sebutnya.

Selanjutnya, NasDem Sulteng akan menyiapkan logistik bagi warga terdampak banjir bandang di Desa Rogo.

 "Personil Rescue dan Garda Pemuda juga akan membagikan paket sembako serta pakaian layak pakai untuk warga terdampak banjir," kata Atha Mahmud.

"Kami berharap kehadiran teman-teman Tim Rescue dan Garda Pemuda bisa sedikit meringankan beban yang dialami warga terdampak banjir,” ucapnya.

Tim Rescue dan Garda Pemuda yang diturunkan DPW NasDem Sulteng telah membagi tugas yakni sebagian membagikan sembako ke warga, membersihkan material lumpur dan kayu yang masuk ke rumah warga.

Banjir bandang yang menimpa permukiman warga di Dusun I Desa Rogo, pada Minggu malam (29/8), bukanlah bencana alam banjir bandang yang pertama. Pada September 2020 bencana alam yang sama juga terjadi di Desa Rogo.

Bencana banjir bandang itu disebabkan oleh hujan deras yang mengakibatkan meluapnya air dari Sungai Rogo ke permukiman warga.
 
Tim Rescue dan Garda Pemuda NasDem diterjunkan ke lokasi untuk melakukan survei dan membantu penanganan dampak bencana banjir bandang di Desa Rogo, Sigi, Senin. (ANTARA/HO-Dok NasDem Sulteng)