Unhas MoU tridarma perguruan tinggi bersama tiga kabupaten di Sulsel

id Unhas MOU tiga kabupaten kota

Unhas MoU tridarma perguruan tinggi bersama tiga kabupaten di Sulsel

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani bersama Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Palubuhu menunjukkan nota kerjasama yang ditandatangani di Makassar, Kamis (2/9/2021) ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulsel

Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin Makasar Sulawesi Selatan sepakat melakukan kerja sama dalam bidang pengembangan tridarma perguruan tinggi bersama tujuh mitra, termasuk diantaranya tiga kabupaten dan kota yakni Parepare, Pangkep dan Luwu Utara.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA dan perwakilan dari para mitra, secara luring terbatas di Gedung Rektorat Unhas Makassar, Kamis.

Prof Dwia menyatakan kehadiran para mitra menunjukkan komitmen yang sama untuk berkolaborasi meningkatkan pembangunan Sulawesi Selatan.

Prof Dwia menambahkan sebagai Universitas tertua di Sulsel, Unhas memiliki peran dan tanggungjawab dalam mendorong perguruan tinggi maupun daerah sekitarnya untuk sama-sama mencapai kemajuan. Olehnya itu, kolaborasi dengan berbagai mitra merupakan satu keharusan.

"Kami siap mendesain pembangunan sesuai kebutuhan daerah dan mitra. Unhas ini bisa dianalogikan sebagai dapur, dimana kami menyiapkan makanan sesuai kebutuhan. Tentu kami sesuaikan potensi SDM yang kami miliki,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Parepare Taufan Pawe dalam sambutannya mengatakan Unhas merupakan mitra terbaik yang memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan SDM di wilayahnya.

“Sejak 2014, Unhas telah berkontribusi dan membuka ruang kolaborasi dengan kehadiran Institut Teknologi Habibie di Parepare,” kata Taufan.

Sementara Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, menyebutkan bahwa Unhas memiliki peran penting dalam mendukung wilayah Luwu Utara utamanya dalam pengembangan pertanian.

“Tidak hanya itu, Unhas juga membantu kami melalui Puslitbang Kebencanaan untuk melihat potensi setelah dan upaya penanggulangan bencana,” kata Indah.

Selain tiga kabupaten tersebut, Unhas juga menjalin kerjasama dengan Palang Merah Indonesia Wilayah Sulsel, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX, Universitas Muhammadiyah Makassar serta PT Bank Sulselbar.