Pemkab Sigi target pendapatan daerah naik pada perubahan APBD

id apbd-p,apbd perubahan sigi,pemkab sigi,dprd sigi,bupati sigi,mohamad irwan

Pemkab Sigi  target pendapatan daerah naik pada perubahan APBD

Bupati Sigi Mohamad Irwan menyampaikan penjelasan dan pengantar nota keuangan rancangan peraturan daerah tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) perubahan tahun 2021. (ANTARA/HO-Humas DPRD Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menargetkan pendapatan daerah naik 0,13 persen dalam perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD-P) tahun anggaran 2021.

"Dalam rancangan perubahan APBD tahun anggaran 2021, pendapatan daerah direncanakan sebesar Rp1,180 triliun lebih atau naik 0,13 persen apabila dibandingkan dengan APBD sebelum perubahan sebesar Rp1,178 triliun," kata Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Sabtu.

Bupati Sigi Mohamad Irwan telah menyampaikan rancangan pendapatan itu dalam rapat paripurna yang digelar oleh DPRD Sigi dengan agenda, penjelasan bupati sigi dan pengantar nota keuangan rancangan peraturan daerah kabupaten sigi tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) perubahan.

Bupati menyampaikan bahwa nota keuangan dan rancangan perubahan APBD selanjutnya akan dibahas lebih lanjut oleh Badan Anggaran DPRD Kabupaten Sigi bersama tim asisten anggaran daerah.

"Organisasi perangkat daerah terkait juga akan ikut dalam pembahasan tersebut," ucap Bupati Sigi.

Bupati menjelaskan perubahan APBD dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan akuntabilitas penggunaan anggaran, sehingga seluruh proses pelaksanaan roda pemerintahan dapat berjalan baik dan optimal.

Bupati Mohamad Irwan mengatakan perubahan APBD sinkronisasi program kegiatan pemerintah daerah yang telah disepakati bersama antara Pemkab Sigi dengan DPRD Sigi, yang diformulasikan dalam kebijakan umum perubahan APBD, prioritas dan plafon anggaran sementara.

"Bahkan perubahan APBD telah memperhatikan aspirasi masyarakat dan stakeholder lainnya sesuai dengan proses perencanaan pembangunan daerah," ungkap Bupati Mohamad Irwan.

"Termasuk perencanaan pembangunan dari pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Sulteng," ujarnya.

Karena itu, Bupati Mohamad Irwan berharap pembahasan perubahan APBD antara DPRD Sigi melalui Badan Anggaran dan tim anggaran Pemkab Sigi dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga dapat ditetapkan menjadi peraturan daerah.