Mantan Menteri BUMN: Pertamina harus punya target dan prioritas yang jelas

id webinar pertamina

Mantan Menteri BUMN: Pertamina harus punya target dan prioritas yang jelas

Webinar Pertamina menghadirkan Dahlan Iskan: jangan terjebak jargon. (kilang pertamina internasional)

Balikpapan (ANTARA) - Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan berbagi pengalaman dengan para peserta webinar yang dilaksanakan oleh Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan, Sabtu.



Menurut Dahlan, penting bagi perusahaan seperti Pertamina punya target yang jelas dan punya prioritas.



"Tetapkan targetnya. Sudah tidak zamannya lagi kita membuat jargon-jargon dan motto,” tegasnya.



Dahlan kemudian menjelaskan prinsip-prinsip manajemen pengelolaan perusahaan. "Inti dari kemampuan manajemen dan kepemimpinan adalah kemampuan menyusun skala prioritas. Perusahaan yang tidak bisa menyusun skala prioritas akan gagal, akan kembali ke jargon-jargon saja." katanya.



Menurutnya, kemampuan menyusun daftar masalah dimiliki oleh hampir semua orang tapi kemampuan menentukan skala prioritas ini yang tidak banyak dimiliki, bahkan oleh para manajer.



Dahlan kemudian bercerita apa saja yang pernah dilakukannya dalam menjalankan tugasnya baik sebagai pemimpin perusahaan maupun Menteri BUMN.



Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat daftar atau menginventarisasi masalah.



Selanjutnya menentukan skala prioritas. "Skala prioritas diambil dari menganalisis mana yang paling penting dari daftar masalah yang sudah dikumpulkan," katanya.



Langkah selanjutnya adalah menempatkan orang terbaik untuk menyelesaikannya. "Alokasi sumber daya manusia, organisasi dan pendanaan. Yang terbaik dialokasikan untuk mengatasi yang terberat." katanya.



Karena itu, Dahlan mendukung langkah restrukturasi yang sedang dilakukan di Pertamina. "Langkah ini bagus sekali. Reorganisasi di Pertamina akhirnya bisa dilakukan," katanya.



Dahlan menyampaikan reorganisasi harus diterima karena tujuannya baik. "Semua proses reorganisasi tentu mengalami tantangan-tantangan. Siapa yang mudah move on, dialah yang akan sukses. Dan yang hanya heboh saja, dia akan ketinggalan." katanya.



Dahlan juga berharap agar proses restrukturisasi Pertamina dapat berjalan dengan baik.



Webiminar ini diikuti hingga 400 peserta, sebagai satu acara memeriahkan Bulan Energi dan Loss. Sebelum Dahlan, berbicara



Direktur Operasi PT KPI Yulian Dekri dan Pejabat Sementara General Manager KPI Area Balikpapan Iskandar.



Kata Yulian, acara ini diharapkan dapat membuka wawasan para pekerja Pertamina agar bisa menghasilkan ide-ide inovasi untuk kemajuan. ***

Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021