Pimpinan MPR tekankan gotong royong semua pihak untuk atasi pandemi

id MPR RI,Vaksinasi COVID-19,Ahmad Basarah

Pimpinan MPR tekankan gotong royong semua pihak untuk atasi pandemi

Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah (berdiri) hadir dalam acara Gelar Vaksinasi Nasional di Malang, Jawa Timur. (ANTARA/HO-MPR RI)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah menekankan bahwa dibutuhkan sikap gotong royong semua pihak dari pusat hingga daerah untuk mengatasi pandemi COVID-19.

"Keterlibatan semua pihak itu sekali lagi menunjukkan bahwa mengatasi pandemi COVID-19 tidak mungkin dilakukan pemerintah sendirian, tapi dibutuhkan gotong royong semua pihak, dari pusat sampai daerah, lembaga legislatif, eksekutif, bahkan yudikatif," kata Ahmad Basarah dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Minggu.

Hal itu dikatakan Basarah saat menghadiri kegiatan vaksinasi COVID-19 yang diinisiasinya bagi masyarakat di Malang, Jawa Timur, Minggu.

Kegiatan tersebut merupakan pelaksanaan program vaksinasi nasional Presiden Jokowi yang pelaksanaannya di lapangan melibatkan anggota DPR.

Dia mengatakan, ibarat berperang, melawan pandemi COVID-19 seperti melawan musuh tidak terlihat, jika musuh manusia mengenal hukum perang, COVID-19 tidak mengenal hukum perang, semua kalangan dapat menjadi korban dari keganasan virus tersebut.

Karena itu Basarah merasa terpanggil untuk ikut ambil bagian dalam berjuang mengatasi COVID-19 bersama berbagai elemen masyarakat lainnya, salah satunya melalui penyelenggaraan kegiatan vaksinasi bagi warga se-Malang Raya.

"Kita tidak bisa main-main melawan pandemi COVID-19. Musuh kita tidak sembarangan karena COVID-19 hanya bisa diatasi, antara lain dengan dua hal, pertama menggunakan masker, dan kedua vaksinasi secara nasional," ujarnya.

Dia berharap kegiatan vaksinasi yang diinisiasinya tersebut dapat menginspirasi anggota DPR RI lainnya yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Malang Raya, untuk secara bersama-sama dengan pemerintah daerah mencapai target kekebalan kelompok atau "herd immunity" 80 persen masyarakat Indonesia tervaksinasi hingga akhir 2021.

Karena itu menurut dia, vaksinasi perlu dipercepat dengan harapan semua anggota DPR RI membantu pemerintah melaksanakan program vaksinasi nasional di dapilnya masing-masing.

Kegiatan vaksinasi yang diinisiasi Basarah tersebut dialokasikan sebanyak 9.000 dosis vaksin COVID-19 untuk masyarakat Malang Raya yang pelaksanaannya dilakukan di beberapa titik, antara lain di Pendopo Aspirasi Ahmad Basarah, Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Dalam kegiatan vaksinasi tersebut, juga dihadiri antara lain Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sri Untari Bisowarno, Forkompida se-Malang Raya dan jajaran pengurus PDI Perjuangan se-Malang Raya.