Jalur Kereta Hubungkan Akses Dagang Pantoloan-Parigi

id kereta, api

Jalur Kereta Hubungkan Akses Dagang Pantoloan-Parigi

Ilustrasi--Jalur real kereta api (antaranews)

...jika menggunakan rel kereta ongkos transportasi akan lebih murah..
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah telah merencanakan pembangunan rel jalur kereta Pantoloan-Parigi untuk menghubungkan akses perdagangan dari Pelabuhan Pantoloan ke wilayah Teluk Tomini di Kabupaten Parigi.

Kepala Bidang Transportasi Laut Dinas Perhubungan Sulteng Sumarno mengatakan jalur kereta yang nantinya akan dibuat merupakan konektivitas jalur untuk mempermudan akses perdagangan dengan pengangkutan kontainer. 

Saat ini kata dia, pengangkutan kontainer dari pelabuhan Pantoloan Kota Palu menuju Teluk Tomini harus melewati pelabuhan Bitung. 

"Jadi biaya yang dikeluarkan lebih mahal, jika menggunakan rel kereta ongkos transportasi akan lebih murah," katanya di Palu, Selasa.

Sumarno menjelaskan program ini juga akan terinterkoneksi dengan jalur kereta api wilayah selatan (Makassar-Barru-Parepare) dan wilayah utara (Manado-Bitung).

"Kalau ini terbentuk, maka Sulteng merupakan daerah yang paling banyak menikmati hasil karena merupakan daerah transit dari dua kota besar, yakni Makassar dan Manado," ungkapnya.

Ia menjelaskan kemungkinan rute nantinya Makassar - Barru - Parepare - Mamuju - Donggala - Pantoloan (Palu) - Parigi - Gorontalo - Bitung - Manado. Jalur tersebut nantinya lebih difokuskan pada transportasi pengangkutan barang atau kontainer.

"Tahun 2017 kami sudah mengusulkan studi melalui APBN dan kemungkinan actionnya 2018 sampai 2019," kata Sumarno.