Dinas Kesehatan Sulbar sosialisasikan Germas

id Masyarakat sehat

Dinas Kesehatan Sulbar sosialisasikan Germas

Kepala Dinas kesehatan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Dr Asran Masdar mengatakan Dinkes Sulbar melaksanakan kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup sehat (Germas) bertempat di Marasa Corner kompleks perkantoran Gubernur Sulbar kelurahan Rangkas Kota Mamuju, Selasa (14/9/2021) ANTARA Foto/M Faisal Hanapi

Mamuju (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan kegiatan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup sehat (Germas) bertempat di Marasa Corner Kompleks Perkantoran Gubernur Sulbar.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar dr Asran Masdi di Mamuju, Rabu, mengatakan kegiatan sosialisasi Gernas tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan peran serta masyarakat dalam mendorong Gerakan Masyarakat Hidup Sehat sesuai Instruksi Presiden No 1 Tahun 2017 tentang Germas.

Ia mengatakan, Germas adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Menurut dia, mengatasi masalah kesehatan masih menjadi sebuah tantangan serius di Indonesia sehingga peningkatan pelayanan pemerintah terus dimaksimalkan pemerintah

"Masalah kesehatan penting terkait pemberantasan penyakit infeksi, bertambahnya kasus penyakit tidak menular dan kemunculan kembali jenis penyakit yang seharusnya telah berhasil diatasi," katanya.

Oleh karena itu dicanangkan program germas untuk perubahan pola hidup masyarakat yang makin modern oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

"Penyakit menular seperti diare, tuberkulosa hingga demam berdarah dahulu menjadi kasus kesehatan yang banyak ditemui, kini telah terjadi perubahan yang ditandai pada banyaknya kasus penyakit tidak menular seperti diabetes, kanker dan jantung koroner," katanya.

Ia menyampaikan terdapat sejumlah langkah yang terus disosialisasikan kepada masyarakat dalam mendukung program hidup sehat melalui germas.

Diantaranya, membiasakan masyarakat melakukan aktivitas fisik dengan berolah raga selain itu makan buah dan sayur.

Kemudian, tidak merokok, menjaga kebersihan lingkungan, serta menggunakan jamban sehat.