Dishub Parigi Moutong butuhkan anggaran untuk uji kendaraan bermotor

id Arman Maulana, dishub Parimo, uji kendaraan, pemkabparimo, Sulteng

Dishub Parigi Moutong butuhkan anggaran untuk uji kendaraan bermotor

Kelapa Dinas Perhubungan Kabupaten Parigi Moutong, Arman Maulana. ANTARA/Moh Ridwan

Kita punya fasilitas, tetapi komponennya tidak mendukung. Pengujian kendaraan bermotor terdekat saat ini berada di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo. Semoga pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan di daerah ini bisa menyahuti, karena Balai
Parigi, Sulteng (ANTARA) -
Dinas Perhubungan Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah butuh dukungan anggaran dalam rangka optimalisasi operasional Balai Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) untuk mengawasi muatan kendaraan angkutan barang.
 
"Kami sudah mengusulkan dana untuk kegiatan perhubungan darat khususnya operasional pengujian kendaraan sebesar Rp276 juta," kata Kepala Dinas Perhubungan Parigi Moutong Arman Maulana, di Parigi, Rabu.
 
Selain mengusulkan ke kepala daerah, pihaknya juga telah menyampaikan hal itu kepada pihak DPRD setempat sekitar dua bulan lalu saat rapat mitra bersama Komisi III.

Baca juga: Kemendes hibahkan enam mobil untuk operasional desa di Parigi Moutong
 
Dalam rencana optimalisasi yang dilakukan Dinas Perhubungan setempat, sejumlah komponen pendukung operasional Balai PKB yang dibiayai diantaranya penambahan kapasitas daya listrik sebesar 40 Kilo Volt Ampere (KVA) senilai Rp100 juta.
 
Pembiayaan aplikasi sebesar Rp87 juta lebih, kalibrasi alat uji sebesar Rp8 juta, dan pembiayaan petugas kalibrasi atau insentif termasuk konsumsi dan akomodasi mereka selama melakukan perbaikan alat uji.
 
"Komponen-komponen ini sangat penting dalam mendukung kegiatan uji muatan kendaraan angkutan barang yang melintas di Parigi Moutong," ujar Arman.

Baca juga: Gubernu Anies pecat personel Dishub karena "ngopi saat PPKM Darurat
Dinas Perhubungan sebagai salah satu instansi penghasil memiliki peran strategis dalam mendukung pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah (PAD), salah satunya jembatan timbang Balai PKB di didorong agar mampu beroperasi maksimal.
 
"Kalau PKB potensial memberikan kontribusi terhadap pendapatan, mestinya kebutuhan-kebutuhan teknisnya dipenuhi agar pengoperasiannya efektif," katanya.
 
Arman menyebut, penganggaran komponen tidak bisa dilakukan bertahap, sebab pengadaan peralatan dan pendukung lainnya saling berkaitan atau satu paket.
 
"Kita punya fasilitas, tetapi komponennya tidak mendukung. Pengujian kendaraan bermotor terdekat saat ini berada di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo. Semoga pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan di daerah ini bisa menyahuti, karena Balai PKB penting juga bagi daerah," ucapnya.

Meski begitu, pihaknya tetap berupaya menggenjot PAD dari berbagai sektor potensial diantaranya parkir tepi jalan, terminal, angkutan bus serta dua sektor terbaru yakni papan reklame dan kepelabuhanan.

"Kami berharap hingga akhir 2021 nanti realisasi pendapatan dapat memenuhi target," ujar Arman.

Baca juga: Dishub Sulteng-Jasa Raharja bentuk koperasi angkutan sewa khusus
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar