Pemprov Sulteng sediakan ribuan lowongan kerja lewat job fair virtual

id Sulteng,Sandi,Palu,Ppkm,Koni,Pon

Pemprov Sulteng  sediakan ribuan lowongan kerja lewat job fair virtual

Sejumlah warga yang sebagian besarnya adalah penyintas bencana antre untuk mendapatkan Kartu Pencari Kerja (AK1) pada bursa kerja atau Job Fair di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (20/8/2019). Job Fair yang digelar Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Sulteng itu mempertemukan para pencari kerja terutama penyintas bencana yang banyak kehilangan pekerjaan dengan para pemberi kerja yang juga banyak kehilangan tenaga kerja akibat bencana 28 September 2018. ANTARA FOTO/Basri Marzuki/hp.

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menyediakan ribuan lowongan kerja bagi pencari kerja di seluruh daerah di provinsi itu melalui iven Job Fair Virtual 2021.

"Sampai saat ini ada lebih dari 1.000 lowongan pekerjaan yang akan mengisi 32 jabatan yang dibuka oleh delapan perusahaan yang mengikuti Job Fair Virtual 2021 yang dilaksanakan 21- 23 September 2021,"kata Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan Perluasan Penempatan dan Produktivitas Tenaga Kerja (P5TK) Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulteng, Firdaus Abdul Karim di Kota Palu, Senin.

Ia menjelaskan, masyarakat utamanya pencari kerja yang masih menganggur dapat mengikuti job fair virtual tersebut dengan mengakses laman Kementerian Ketenagakerjaan RI yaitu www.kemnaker.go.id agar bisa mengikuti job fair virtual yang diadakan Disnakertrans Sulteng.

Perusahaan-perusahaan yang mengikuti job fair dan membuka lowongan pekerjaan pada job fair virtual itu bergerak di berbagai sektor dan berada di wilayah Sulteng."Setelah masuk ke laman tersebut, pencari kerja akan diarahkan untuk bisa mengikuti job fair virtual yang kami adakan. Diupayakan melalui joba fair virtual ini dapat menyebar sekitar 1.200 tenaga kerja,"ujarnya.

Firdaus mengatakan bagi perusahaan-perusahaan atau pemberi kerja di Sulteng yang ingin mendaftar dan menyertakan lowongan pekerjaan yang tersedia di perusahaannya melalui job fair virtual itu dapat mengakses laman www.kemneker.go.id.

Kemudian mengisi terlebih dulu dokumen Wajib Lapor Ketenagakerjaan Perusahaan (WLKP) untuk memastikan persusahaan yang mendaftar mengikuti job fair virtual tersebut benar merupakan perusahaan yang memiliki izin operasional dan dokumen legalitas lainnya dari pemerintah daerah dan pusat.

"Job fair virtual ini kami adakan karena pandemi COVID-19 dan untuk mencegah terjadinya kerumunan yang berpotensi menjadi klaster penularan dan penyebaran COVID-19 jika joba fair diadakan offline,"ucapnya.

Sementara itu Pengantar Kerja Pada Bidang P5TK Disnakertrans Sulteng selaku penanggungjawab job fair virtual 2021 Disnakertrans Sulteng Darmawati menyatakan lowongan kerja yang dibuka dalam job fair virtual itu akan terus berlaku meskipun iven job fair telah berakhir.

"Job fair virtualnya dari tanggal 21 sampai 23 September. Tapi lowongan kerjanya tetap buka meskipun job fair virtualnya sudah berakhir. Lowongan kerjanya ditutup jika semua posisi telah terisi. Nanti pihak perusahaan atau pemberi kerja akan mengumumkan jika sudah tutup," katanya.