Pemkab Sigi - Pemprov Sulteng bahas pembangunan infastruktur jalan

id Pemprov Sulteng,Pemkab Sigi,Bupati Sigi,Mohamad Irwan,Gubernur Sulteng,Rusdy Mastura

Pemkab Sigi - Pemprov Sulteng bahas pembangunan infastruktur jalan

Bupati Sigi Mohamad Irwan bersama Gubernur Sulteng Rusdy Mastura dan pejabat Pemprov Sulteng membahas usulan pembangunan infastruktur jalan di wilayah Kabupaten Sigi. (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi (Pemkab Sigi) bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) mulai membahas usulan Pemkab Sigi mengenai pembangunan infastruktur jalan, untuk percepatan pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

"Sigi sangat membutuhkan ketersediaan infastruktur jalan, yang dalam hal ini membutuhkan dukungan dari Pemprov Sulteng," ucap Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Senin.

Pemkab Sigi mengusulkan kepada Pemprov Sulteng agar membantu pembangunan infastruktur jalan meliputi pembangunan di wilayah Kecamatan Kulawi Selatan dan Pipikoro yang terkoneksi langsung dengan Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Kemudian, jalan yang menghubungkan Desa Bora, Kecamatan Sigi Kota dengan Desa Pandere Kecamatan Gumbasa.

Pemkab Sigi juga mengusulkan kepada Pemprov Sulteng agar mendukung pembangunan jalan yang menghubungkan Desa Tongoa dengan Manggalapi di Kecamatan Palolo. Kemudian pembangunan jalan menghubungkan Boladangko, Towulu, Banggaiba.

Berikutnya pembangunan jalan Desa Bangga dan menghubungkan dengan Kabupaten Donggala, pembangunan jalan menghubungkan Desa Balane dengan Kota Palu, serta pembangunan jalan menghubungkan Desa Tangarawa dengan Desa Wugaga.

Bupati Mohamad Irwan mengemukakan bahwa Sigi merupakan daerah yang potensial pertanian, dan sebagian besar potensi pertanian itu berada di wilayah yang saat ini masih terisolir, karena belum ada akses jalan.

Akibatnya, masyarakat petani sulit untuk mendistribusi hasil-hasil pertanian mereka ke pasar, utamanya mereka yang berada di wilayah pegunungan.

Karena itu itu, Bupati Mohamad Irwan menyebut minimnya infastruktur jalan ke daerah-daerah yang saat ini masih terisolir, membuat masyarakat petani sulit untuk berkembang dari sisi ekonomi.

"Sebagian besar kecamatan khususnya di wilayah pegunungan masih terisolir disebabkan akses jalan yang sulit," sebut Bupati Mohamad Irwan.

Berkaitan dengan itu Gubernur Sulteng Rusdy Mastura mengatakan bahwa Pemprov Sulteng siap mendukung usulan pembangunan infastruktur jalan di Sigi, untuk percepatan pembangunan ekonomi masyarakat.

"Prinsipnya Pemprov Sulteng mendukung dan setuju atas usulan dari Bupati Sigi," ungkap Rusdy Mastura.

Gubernur Rusdy mengatakan bahwa pembangunan infastruktur jalan menjadi prioritas dalam kepemimpinannya sebagai gubernur.

"Usulan ruas jalan yang menghubungkan Sigi - Luwu Utara dan ruas jalan yang diusulkan Pemda Sigi akan menjadi salah satu prioritas utama untuk membantu mensejahterakan masyarakat di daerah-daerah terpencil," kata Rusdy.
Bupati Sigi Mohamad Irwan bersama Gubernur Sulteng Rusdy Mastura dan pejabat Pemprov Sulteng membahas usulan pembangunan infastruktur jalan di wilayah Kabupaten Sigi. (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021