Pertamina dalami penimbunan BBM di salah satu SPBU Palu

id Pertamina, penimbunan BBM, SPBU, palu, Taufiq Kurniawan, MOR VII

Pertamina dalami penimbunan BBM  di salah satu SPBU Palu

Senior Supervisor Communication and Relation Pertamina Regional Sulawesi, Taufik Kurniawan saat berkunjung di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (16/8/2021). ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) -
PT Pertamina (Persero) mendalami dugaan penimbunan BBM dengan modus pengisian solar di tangki mobil yang dimodifikasi khusus di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Jalan Kartini Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah pada Selasa (21/9).

"Benar, kami sedang melakukan investigasi di internal Pertamina, terkait kasus ini sambil menunggu pemeriksaan kepolisian," kata Senior Supervisor Communication and Relation Pertamina Regional Sulawesi Taufiq Kurniawan yang dihubungi dari Palu, Rabu, menanggapi kasus yang terjadi di salah satu SPBU Palu.

Untuk mendalami kasus tersebut, katanya, Pertamina memanggil otoritas SPBU setempat untuk mengklarifikasi peristiwa yang terjadi, termasuk operator yang bertugas.

Apabila hasil pemeriksaan kepolisian menemukan pelanggaran, maka pihaknya akan mengambil langkah tegas sebagai bentuk sanksi.

"Teguran terberat bisa sampai pencabutan alokasi solar di SPBU tersebut," ujar Taufiq.

Ia mengaku Pertamina tetap berkomitmen memberikan aspek keselamatan terhadap pengguna produk mereka demi kelancaran penjualan.

kasus itu dipergoki salah seorang anggota polisi Polda Sulawesi Tengah saat melihat salah satu mobil jenis Panther sedang mengisi BBM dengan durasi waktu yang cukup lama, dan ditemukan terdapat dua tangki modifikasi di dalam mobil.

Polisi sempat merekam peristiwa itu hingga beredar luas di media sosial.

"Pertamina telah menerapkan sistem pemantauan digital pada setiap SPBU, termasuk program pencatatan nomor polisi setiap kendaraan, hal ini bertujuan untuk memantau jangan sampai pengisian BBM melebihi kapasitas standar tangki sebuah kendaraan," papar Taufiq.

Menurutnya, Pertamina sebagai salah satu perusahaan penyedia energi menyalurkan BBM kepada seluruh SPBU sesuai dengan ketetapan alokasi serta berupaya mendistribusikan tepat sasaran.

"Tentunya kami butuh kerja sama masyarakat. Dalam pengertian, masyarakat harus bijak menggunakan produk. Produk bersubsidi khusus diberikan kepada warga kurang mampu, kami telah menyediakan varian produk nonsubsidi untuk memenuhi kebutuhan konsumen," demikian Taufiq.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021