Gubernur Sulteng: HAN 2021 momentum membangun prestasi anak

id han 2021,hari anak nasional,gubernur sulteng,pemprov sulteng,dp3a sulteng,rusdy mastura

Gubernur Sulteng:  HAN 2021 momentum membangun prestasi anak

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura menyampaikan sambutan pada peringatan HAN 2021 tingkat Provinsi Sulteng di Palu, Rabu (22/9/2021). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura mengemukakan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2021 tingkat Provinsi Sulteng harus menjadi momentum yang tepat untuk membangun prestasi anak di daerah itu.

"Kegiatan ini harus menjadi momentum untuk menunjukkan bahwa anak-anak Sulteng terus berprestasi, gembira, kreatif, dan inovatif," ucap dia di Palu, Rabu (22/9), saat menyampaikan sambutan dalam peringatan HAN 2021 tingkat Provinsi Sulteng.

Ia menyatakan bahwa anak turut terdampak pandemi COVID-19, di mana ruang berinteraksi mereka menjadi terbatas.

"Keseharian anak ikut berubah, mereka tidak lagi memiliki kesempatan berinteraksi bersama dengan teman sebaya seperti biasanya," ucapnya.

Oleh karena itu, kata dia, tujuan peringatan HAN tahun ini, yaitu pemberian kesempatan kepada anak menunjukkan kepedulian terhadap sesama agar mereka tetap bergembira.

"Meskipun mereka hanya di rumah, karena situasi pandemi COVID-19, harus diberikan kesempatan kepada mereka," katanya.

Selain itu, kata dia, peringatan HAN 2021 harus menjadi pemersatu gagasan dan tindakan untuk melakukan pemenuhan hak-hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Gubernur Rusdy menyebut semua pihak utamanya organisasi perangkat daerah (OPD) di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota perlu menyelenggarakan pembangunan yang mengarah pada pemenuhan hak anak.

"Untuk melindungi hak-hak anak, menghapus pekerja anak di bawah umur, menghindarkan mereka dari diskriminasi, kekerasan dan penyakit 'stunting' (kekerdilan) dan sebagainya," ungkapnya.

Ia juga mengemukakan perlunya mengakomodasi kepentingan mereka dalam perencanaan pembangunan daerah.

"Bahkan mengakomodir kepentingan anak dalam perencanaan pembangunan daerah, dengan memberikan akses kepada anak, agar anak-anak kita ke depan mampu untuk hidup sejahtera," katanya.
Anak yang tergabung dalam Forum Anak Sulteng foto bersama Gubernur Sulteng Rusdy Mastura pada peringatan HAN tingkat Provinsi Sulteng tahun 2021, di Palu, Rabu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)




 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021