Pemprov Sulteng bantu pendanaan petani lewat skema KUR

id kur,bri,pemprov sulteng,ridha saleh,gubernur sulteng,rusdy mastura

Pemprov Sulteng  bantu pendanaan petani lewat skema KUR

Tenaga Ahli Gubernur Sulteng Ridha Saleh (ANTARA/HO-Dok Ridha Saleh)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah membantu pendanaan bagi petani di daerah tersebut lewat skema Kredit Usaha Rakyat (KUR), agar petani tidak kesulitan modal dalam menggarap lahan pertanian.

"Iya, dari sisi pendanaan Pemprov Sulteng lewat Gubernur Sulteng Rusdy Mastura membantu modal petani lewat skema KUR," ucap Tenaga Ahli Gubernur Sulteng Ridha Saleh, di Palu, Jumat.

Kata Ridha Saleh Gubernur Sulteng Rusdy Mastura telah menandatangani kerjasama dengn pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI). Lewat kerja sama itu, BRI menyediakan dana KUR senilai Rp5 triliun.

Ridha Saleh menjelaskan, dana KUR tersebut diprioritaskan kepada masyarakat ekonomi menengah kebawah, salah satunya adalah komponen petani di berbagai daerah di Sulteng.

"Kredit dengan nilai Rp100 juta ke bawah, tidak menggunakan agunan atau jaminan ke bank. Bahkan, bunga yang diberikan hanya tiga persen," ujar Ridha Saleh.

Skema yang ditemapuh oleh Pemprov Sulteng, kata Ridha Saleh, saat ini sudah mulai berjalan, dengan menyasar para UMKM serta petani dan nelayan termasuk peternak di masing-masing daerah.

Olehnya Pemprov Sulteng, sebut Edang sapaan akrab Ridha Saleh, mendorong pemerintah daerah bupati dan wali kota agar mendampingi masyarakat termasuk petani untuk memanfaatkan fasilitas tersebut, demi pemulihan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

pemprov Sulteng juga akan menggandeng pemerintah kabupaten/kota untuk membentuk kelompok tani di masing-masing desa dan kelurahan, agar kelompok tani dapat memperoleh fasilitas KUR itu.

"Selain itu, Pemprov Sulteng juga akan berupaya membentuk koperasi petani di setiap kecamatan, yang akan berfungsi untuk memfasilitasi kebutuhan petani baik dari sisi permodalan maupun benih, bibit dan alat mesin pertanian," ungkap Ridha Saleh yang merupakan Mantan Komisioner Komnas-HAM.

Berkaitan dengan itu Gubernur Sulteng Rusdy Mastura mengemukakan bahwa KUR diprioritaskan kepada usaha kecil menengah untuk peningkatan dan pemulihan ekonomi masyarakat.

"Petani kita dorong untuk mendapatkan fasilitas ini, dengan harapan agar petani memiliki modal untuk menggarao lahan, sehingga perluasan luas tanah petani dapat tercapai," ungkapnya.


 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021