Pemprov Sulteng bantu kembalikan fungsi lahan pertanian di Sigi

id Pmekab Sigi,Pemprov Sulteng ,Gubernur Sulteng,Pertanian Sulteng,M Ridha Saleh

Pemprov Sulteng  bantu kembalikan fungsi lahan pertanian di Sigi

Tenaga Ahli Gubernur Sulteng M Ridha Saleh (ANTARA/Dok M Ridha Saleh)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah membantu Pemerintah Kabupaten Sigi mengembangkan dan mengembalikan fungsi lahan pertanian, agar dapat dimanfaatkan oleh petani untuk bercocok tanam.

"Gubernur Sulteng Rusdy Mastura dan Bupati Sigi telah bertemu dan membahas mengenai pemulihan sektor pertanian Sigi dan pengembangannya," kata Tenaga Ahli Gubernur Sulteng M Ridha Saleh, di Palu, Sabtu.

Bertepatan dengan Hari Tani Nasional, Ridha Saleh mengakui bahwa Sigi merupakan salah satu daerah potensi pertanian, yang dapat mendongkrak pembangunan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat.

Namun, harus diakui bahwa saat ini sarana dan infastruktur pertanian di wilayah Kabupaten Sigi sangat terbatas, karena terdampak gempa dan likuefaksi pada tahun 2018.

Akibatnya, petani di wilayah Kabupaten Sigi mengalami kesulitan untuk mengolah kembali dan mengembangkan lahan pertanian, karena irigasi sebagai sumber utama air bagi petani, mengalami kerusakan berat.

Saat ini Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, kata Ridha Saleh, bersinergi dengan Pemkab Sigi akan memohon kepada Kementerian PUPR di Jakarta agar mempercepat pembangunan infastruktur dan sarana di wilayah Sigi, salah satunya percepatan penyelesaian pembangunan irigasi.

Selain itu, Pemprov Sulteng lewat kebijakan Gubernur Sulteng Rusdy Mastura bersama Pemkab Sigi akan melakukan pengeboran tanah untuk mendapatkan air. Air tersebut nantinya tidak hanya untuk mengairi lahan pertanian, melainkan juga untuk kebutuhan konsumtif masyarakat.

"Ada dua upaya yang dilakukan selain menemui Kementerian PUPR yakni membangun sumur bor agar mengairi lahan pertanian, dan mengambil air dari sungai," ungkapnya.

Pemprov Sulteng juga menempuh skema perluasan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) untuk memberikan lahan kepada petani.

"Dalam 100 hari kerja kepemimpinan Gubernur Sulteng Rusdy Mastura dan Wagub Sulteng Ma'mun Amir, telah memberikan lahan seluas 530 hektare dalam skema TORA terdiri dari 320 hektare lebih di wilayah Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi dan di Donggala 200 hektare lebih," ungkap M Ridha Saleh.