Gubernur Ajak Masyarakat Lestarikan Terumbu Karang

id terumbu, karang

Gubernur Ajak Masyarakat Lestarikan Terumbu Karang

Ilustrasi-Transplantasi Terubu Karang (antaranews)

Manado, (antarasulteng.com) - Penjabat Gubernur Sulawesi Utara Soni Sumarsono mengajak masyarakat ikut melestarikan terumbu karang dan memelihara ekosistem di sekitarnya untuk generasi mendatang.

"Kehadiran sekretariat Coral Triangle Initiative atau CTI menjadi momentum membangkitkan kembali kesadaran masyarakat untuk melestarikan dan memelihara terumbu karang bukan hanya di daerah ini melainkan pula di kancah internasional," kata Sumarsono di Manado, Selasa.

Sumarsono yang menghadiri peresmian gedung sekretariat CTI oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan masa depan terumbu karang tidak bisa dipisahkan dari kepedulian masyarakat yang menjaga kelestariannya sehingga tetap terjaga dari waktu ke waktu.

Gedung CTI merupakan sekretariat dari enam negara serta negara pendukung lainnya dan pasti akan memberikan banyak keuntungan bagi Sulawesi Utara.

"I truly feel that will be beneficial for the people of North Sulawesi (saya rasa ini akan memberikan keuntungan atau manfaat bagi masyarakat Sulawesi Utara," kata pria kelahiran Tulungagung, Jawa Timur, ini.

Sebagai sekretariat, kata lulusan Universitas Gadjah Mada ini, gedung CTI ini akan kedatangan banyak perwakilan negara asing yang juga dapat ajak mempromosikan pariwisata provinsi berpenduduk lebih dari 2,4 juta jiwa ini ke dunia internasional.

Sumarsono berharap peresmian sekaligus pertemuan anggota CTI ini dapat membawa efek positif serta menyelesaikan permasalahan terkait pelestarian, pemanfaatan serta pemeliharaan terumbu karang di berbagai negara di dunia yang tergabung dalam anggota CTI.

Penjabat gubernur yang juga menjabat direktur jenderal otonomi daerah Kementerian Dalam Negeri ini memberikan apresiasi atas kepercayaan anggota CTI yang memilih Provinsi Sulut sebagai tempat pertemuan dan menempatkan sekretariat CTI di daerah ini.