OJK Sulteng imbau jaga kerahasiaan data pribadi agar isi rekening aman

id Sulteng ,Palu,Ppkm,Papua,Sandi,Ojk

OJK Sulteng  imbau jaga kerahasiaan data pribadi agar isi rekening aman

Kepala OJK Sulteng Gamal Abdul Kahar. ANTARA/HO-OJK Sulteng

Palu (ANTARA) - Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Gamal Abdul Kahar mengimbau warga di seluruh daerah di Sulteng menjaga kerahasiaan data pribadi agar terhindar dari modus kejahatan perbankan yang memanipulasi rekening nasabah.



"Masyarakat harus selalu waspada dengan menjaga kerahasiaan data pribadi termasuk dalam melakukan transaksi di perbankan,"katanya di Kota Palu, Sabtu.



Untuk memastikan transaksi di perbankan tetap aman, masyarakat dapat melakukan beberapa hal, di antaranya selalu memeriksa histori rekening atau saldo secara berkala.



Kemudian mengaktifkan fitur notifikasi transaksi melalui pesan singkat atau short message service (SMS), internet atau perbankan seluler (mobile banking).



"Selanjutnya, jangan pernah menandatangani formulir atau slip kosong. Jaga keamanan data pribadi, jangan berikan kode One Time Password (OTP), Personal Identification Number (PIN), nama pengguna (username) dan kata sandi (password) kepada siapapun,"ujarnya.



Termasuk, kata Gamal, kepada oknum pegawai bank. Ganti password secara berkala.



Dengan cara-cara tersebut ia yakin masyarakat terhindar dari modus kejahatan perbankan yang menyalahgunakan data pribadi dengan memanfaatkan ketidaktahuan, kelalaian dan kelengahan nasabah.