Wali Kota Palu: Semua program sia-sia jika warga tidak jaga kebersihan

id Sulteng,Palu,Sandi,Ppkm,Pon,Koni

Wali Kota Palu:  Semua program sia-sia jika warga tidak jaga kebersihan

Warga memasang tanda larangan dan peringatan membuang sampah di lokasi bekas bencana tsunami di Kampung Lere, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (1/8/2021) ANTARA/Basri Marzuki

Palu (ANTARA) - Wali Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah Hadianto Rasyid menyatakan semua program pembangunan untuk kemaslahatan masyarakat yang telah dirancang dan tengah berjalan akan sia-sia belaka jika warga tidak turut serta membantu menjaga kebersihan kota.

"Akan sia-sia semua program yang sudah pemerintah lakukan kalau warga tidak ikut serta menjaga kebersihan. Mulailah dari sendiri dan dari hal kecil," katanya di Palu, Minggu.

Hal itu ia ungkapkan mengingat masih banyak warga yang kedapatan membuang sampah sembarang dan tidak pada tempatnya yang berpotensi menyebabkan banjir dan mengotori wajah ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah tersebut.

Hadianto meminta seluruh lapisan masyarakat agar menanamkan dalam diri sendiri rasa kepedulian terhadap daerah untuk menjaga kebersihan lingkungan dalam rangka meningkatkan keindahan Kota Palu.

"Pegang sampahmu sampai temukan tempat sampah dan jangan buang sampah sembarangan dari kendaraan," ujarnya.

Ia yakin jika masyarakat peduli dan memulai prilaku tersebut dari sekarang maka akan berdampak pada keindahan kota yang pada akhirnya meningkatkan perekonomian daerah dan taraf hidup masyarakat.

Sebab menjadi destinasi wisata bagi pelancong maupun sasaran investasi oleh pemerintah maupun swasta. Apalagi Pemerintah Kota Palu menargetkan Piala Adipura pada tahun 2023 sehingga kebersihan lingkungan menjadi syarat mutlak yang harus bisa diraih agar bisa memperoleh piala tersebut.

Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021