OJK Sulteng dukung Gernas BBI percepat tranformasi digital UMKM

id Sulteng,Sandi,Palu,Ppkm,Ojk

OJK Sulteng  dukung Gernas BBI percepat tranformasi digital UMKM

Perajin menunjukkan kain sutra yang baru selesai ditenun dengan alat tenun bukan mesin (ATBM) di Desa Towale, Banawa Tengah, Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (30/6/2021). Kain sutra khas Donggala itu dijual dengan harga berkisar antara Rp900 ribu hingga Rp1 juta per lembar di tingkat perajin dan sejak pendemi COVID-19 ini para perajin banyak mengandalkan penjualan secara online ke berbagai wilayah di Indonesia. ANTARAFOTO/Basri Marzuki/foc.

Palu (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mendukung Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) utamanya agar bisa dirasakan pelaku usaha lokal di seluruh daerah di Sulteng.

"Untuk mencapai tujuan dan target program Gernas BBI, sektor jasa keuangan harus berkomitmen untuk terus memfasilitasi pengembangan ekosistem Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis digital,"katanya di Kota Palu, Kamis.

Kemudian,  memperluas akses pembiayaan UMKM dari hulu ke hilir, melakukan pembinaan dan pendampingan UMKM serta meningkatkan literasi dan inklusi keuangan UMKM.

Ia menyatakan, beberapa tujuan Gernas BBI antara lain, mengakselerasi transformasi digital UMKM, memperkuat kelangsungan usaha, mempercepat perputaran siklus ekonomi.

"Berikutnya mendorong semangat bangga produk lokal dan mendorong mereka bangsa atau nation branding produk lokal unggulan,"ujarnya.

Gamal menerangkan Gernas BBI memilki beberapa tujuan meliputi, meningkatkan jumlah artisan Indonesia baik UMKM maupun Industri Kecil Menengah (IKM).

Meningkatkan permintaan terhadap produk ekonomi kreatif buatan artisan Indonesia. Kemudian meningkatkan daya beli masyarakat, memperluas pasar, akses permodalan, pelatihan, pendataan dan percepatan siklus ekonomi lokal melalui belanja produk lokal.

"Dan terkahir sebagai stimulus ekonomi bagi UMKM maupun IKM termasuk pelaku ekonomi kreatif Gernas BBI," tambahnya.